China Cap AS dan Taiwan Perusak Perdamaian

Rabu, 03 Agustus 2022 - 23:53 WIB
loading...
China Cap AS dan Taiwan Perusak Perdamaian
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) menerima penghargaan Order of Propitious Clouds with Special Grand Cordon dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Foto/vnews.bksfe.com
A A A
BEIJING - Kepemimpinan di Taipei dan Amerika Serikat (AS) bertanggung jawab untuk menciptakan konflik antara kedua sisi Selat Taiwan . Hal itu dikatakan Ma Xiaoguang, juru bicara kantor urusan Taiwan Dewan Negara China .

Ma mengatakan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Partai Progresif Demokratik (DPP), mengandalkan dukungan eksternal, dengan rela mengambil peran sebagai pion dan meningkatkan provokasi dalam upaya kemerdekaan. Pernyataan itu merujuk pada kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang diperintah sendiri, yang dipandang Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

"AS mengintensifkan upaya mereka untuk mencoba memainkan kartu Taiwan, terus menambahkan bahan bakar ke api, membuat rencana untuk menahan China melalui Taiwan," kata Ma.

"Taipei dan Washington tidak akan dapat menutupi diri mereka sendiri, terlepas dari trik yang dapat mereka gunakan untuk melakukannya, karena mereka adalah pencipta konflik antara kedua sisi Selat Taiwan (yang memisahkan pulau Taiwan dan daratan China), perusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” sambungnya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (3/8/2022).



Menurut Ma, rencana kepemimpinan Taiwan untuk mengandalkan AS untuk kemerdekaan pasti akan gagal.

"Dan ilusi mencari kemerdekaan dengan paksa hanya akan mempercepat jatuhnya Tsai dan Partai Progresif Demokratik, sementara juga menjerumuskan Taiwan ke dalam jurang bencana," tambahnya.

DPP adalah partai kiri-tengah nasionalis yang mendominasi Koalisi Pan-Hijau yang memegang mayoritas di parlemen Taiwan. Partai yang berkuasa, yang diketuai oleh Tsai, menjalankan kebijakan sosial liberal di dalam negeri, sementara pada saat yang sama mengadvokasi lebih banyak pengeluaran pertahanan untuk dapat mempertahankan pulau itu dari China.

Pelosi, yang merupakan orang ketiga dalam garis kepresidenan AS, mendarat di Taipei pada Selasa malam, menjadi pejabat tertinggi Amerika yang melakukannya sejak 1997. Perjalanan itu tetap berjalan meskipun ada protes keras dari China, yang menyebut langkah itu berbahaya dan provokatif.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)