Setelah Kunjungi Taiwan, Pelosi Bakal Sambangi Zona Demiliterisasi Korea

Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:51 WIB
loading...
Setelah Kunjungi Taiwan, Pelosi Bakal Sambangi Zona Demiliterisasi Korea
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bakal sambangi Zona Demiliterisasi Korea. Foto/France24
A A A
SEOUL - Setelah kunjungannya ke Taiwan , Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi berada di Korea Selatan pada Kamis (4/8/2022) di mana agendanya termasuk kunjungan ke Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga ketat, tetapi bukan untuk menggelar pertemuan dengan presiden negara itu.

Pada konferensi pers singkat di Seoul, di mana dia tidak menjawab pertanyaan apa pun, Pelosi memuji hubungan "khusus" antara Korea Selatan dan Amerika Serikat - tetapi tidak menyebutkan kunjungannya ke Taipei.

"Hubungan AS-Republik Korea khusus bagi kami," katanya

"Ikatan yang ditempa selama perang Korea dari urgensi dan keamanan telah menjadi persahabatan yang paling hangat," ia menambahkan seperti dikutip dari France24.

Sementara itu seorang pejabat Korea Selatan mengatakan Pelosi, yang tiba di Seoul Rabu malam, bertemu dengan pejabat tinggi parlemen negara itu di Ibu Kota sebelum jadwal perjalanannya ke perbatasan dengan Korea Utara yang memiliki senjata nuklir, di mana pasukan kedua tetangga itu saling berhadapan.

Baca juga: Pelosi Beri Sentilan Menohok ke China sebelum Tinggalkan Taiwan

Pelosi membahas "situasi serius" dan meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh program senjata nuklir Korea Utara dengan mitranya dari Korea Selatan, Ketua Majelis Nasional Kim Jin-pyo.

"Dan perjalanannya ke DMZ dilihat oleh Presiden Yoon Suk-yeol sebagai tanda pencegahan yang kuat antara Korea Selatan dan AS terhadap Korea Utara," kata seorang pejabat Korea Selatan.

Dia akan menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi Area Keamanan Bersama (JSA) dan desa gencatan senjata antar-Korea Panmunjom sejak presiden Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di sana pada 2019 silam.

Tetapi pembicaraan itu gagal dan Korea Utara telah melakukan uji coba senjata yang memecahkan rekor sepanjang tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak penuh untuk pertama kalinya sejak 2017.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1466 seconds (11.252#12.26)