Reaksi China Atas Kunjungan Pelosi Tuai Kecaman dari G7

Kamis, 04 Agustus 2022 - 03:50 WIB
loading...
A A A
"Langkah ini secara serius melanggar prinsip satu-China, dengan jahat melanggar kedaulatan China dan secara terang-terangan terlibat dalam provokasi politik, yang telah menimbulkan kemarahan yang kuat di antara rakyat China dan tentangan luas dari komunitas internasional," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pada Rabu kemarin.

Baca juga: Imbas Kunjungan Pelosi, China Larang Impor Buah dan Ikan dari Taiwan

China memanggil Duta Besar AS Nicholas Burns pada Selasa malam dan mengajukan pernyataan tegas dan protes keras selama perjalanan tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng mengatakan kepada Burns bahwa kunjungan Pelosi, yang dilakukan sebagai bagian dari tur keliling ibu kota regional, memiliki dampak yang parah pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China, media resmi pemerintah melaporkan.

Pelosi, ditemani oleh lima anggota Kongres AS, naik pesawat Angkatan Udara AS ke Korea Selatan pada Rabu sore untuk putaran keempat tur Asia-nya.

Sebelum meninggalkan Taiwan pada hari Rabu, Ketua DPR AS mentweet: “Jangan salah: Amerika tetap teguh dalam komitmen kami kepada rakyat Taiwan – sekarang & selama beberapa dekade yang akan datang.”

Baca juga: Taiwan: Latihan Militer China Melanggar Kedaulatan Kami

(ian)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (10.177#12.26)