Pelosi Tinggalkan Taiwan Setelah Kunjungan Buat China Naik Darah

Rabu, 03 Agustus 2022 - 23:01 WIB
loading...
A A A
“Kami benar-benar berterima kasih kepada Anda karena telah melakukan kunjungan ke Taiwan ini untuk menunjukkan dukungan setia Kongres AS untuk Taiwan,” imbuhnya.



Sementara itu Pelosi mengatakan: “Saat ini dunia menghadapi pilihan antara demokrasi dan otokrasi. Tekad Amerika untuk melestarikan demokrasi, di sini di Taiwan dan di seluruh dunia, tetap kuat.”

Dia menulis di Twitter-nya bahwa delegasi Kongres AS menegaskan kembali dukungan kuat untuk demokrasi Taiwan, termasuk dalam hal keamanan dan stabilitas, pertumbuhan ekonomi dan pemerintahan selama kunjungannya.

“Jangan salah: Amerika tetap teguh dalam komitmen kami kepada rakyat Taiwan – sekarang dan selama beberapa dekade mendatang,” katanya.

Sebelum Pelosi mendarat di Taipei, China telah mengeluarkan pernyataan tegas dan mengatakan bahwa Beijing menentang keterlibatan pejabat Taiwan dengan pemerintah asing dan mengumumkan beberapa latihan militer di sekitar pulau itu, yang sebagian akan memasuki perairan Taiwan.

Namun, pejabat senior Taiwan mengatakan bahwa "tindakan yang direncanakan" ini melanggar kedaulatan pulau itu.



“Tindakan seperti itu sama dengan menyegel Taiwan melalui udara dan laut, tindakan seperti itu mencakup wilayah dan perairan teritorial negara kita, dan sangat melanggar kedaulatan teritorial negara kita,” kata Kapten Jian-chang Yu pada briefing oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan.

Pelosi dan lima anggota Kongres lainnya yang berada di Taiwan kini menuju ke Korea Selatan, perhentian berikutnya dalam tur Asia yang juga mencakup Singapura, Malaysia, dan Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)