Pelosi Tinggalkan Taiwan Setelah Kunjungan Buat China Naik Darah

Rabu, 03 Agustus 2022 - 23:01 WIB
loading...
Pelosi Tinggalkan Taiwan Setelah Kunjungan Buat China Naik Darah
Ketua DPR AS Nancy Pelosi meninggalkan Taiwan setelah kunjungan yang membuat China naik darah. Foto/ABC.net
A A A
TAIPEI - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengakhiri kunjungannya yang sangat kontroversial dan bersejarah ke Taiwan pada hari Rabu (3/8/2022) di tengah kritik besar-besaran dari China seperti dikutip dari Independent.

Pelosi adalah pejabat tertinggi AS pertama dalam 25 tahun yang mengunjungi Taiwan meskipun ada peringatan keras dari China. Faktanya, China telah secara terbuka mengkritik kunjungannya dengan media milik negara China yang menyebut perjalanan itu sebagai “tembakan salvo perang pembuka”.

Tetapi dia mengatakan bahwa dia dan anggota Kongres lainnya mengunjungi Taiwan untuk menunjukkan bahwa mereka tidak akan meninggalkan komitmennya terhadap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Taiwan adalah negara demokrasi yang berpemerintahan sendiri dengan sekitar 23 juta orang di lepas pantai China. Ia memiliki sistem politik, konstitusi, dan militernya sendiri yang demokratis, dan banyak orang Taiwan menganggap pulau itu sebagai negara yang terpisah dari China. Tetapi China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri yang pada akhirnya akan berada di bawah kendalinya—dengan paksa jika perlu.

Beijing memandang kunjungan pejabat pemerintah asing sebagai pengakuan atas kedaulatan Taiwan.



Pada hari Rabu, selama konferensi pers, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pasukan separatis AS dan Taiwan harus bertanggung jawab dan membayar harga atas kesalahan yang mereka buat.

Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng “segera memanggil” Nicholas Burns, utusan Amerika di Beijing untuk mengajukan protes keras terhadap kunjungan Pelosi dan memperingatkan bahwa Washington akan “membayar harga” untuk “kesalahannya”.

Selama kunjungannya, Pelosi bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei. Tsai berterima kasih kepada Ketua DPR AS itu atas dukungannya terhadap nilai-nilai demokrasi dan mengatakan bahwa dia berkomitmen untuk bekerja dengan AS terkait keamanan di selat Taiwan dan kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas.

“Ketua DPR Pelosi benar-benar salah satu teman Taiwan yang paling setia,” kata Tsai dalam upacara pemberian medali kepada Pelosi, penghargaan sipil tertinggi yang disebut “Order of Propitious Clouds with special Grand Cordon”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)