Ketua DPR Nancy Pelosi: AS Ingin Taiwan Punya Kebebasan dengan Keamanan

Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:32 WIB
loading...
Ketua DPR Nancy Pelosi: AS Ingin Taiwan Punya Kebebasan dengan Keamanan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melambaikan tangan di Taipei, Taiwan, 3 Agustus 2022. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi menegaskan AS ingin Taiwan selalu memiliki kebebasan dengan keamanan dan tidak akan mundur dari itu.

Pernyataan Pelosi itu muncul pada Rabu (3/8/2022), selama kunjungan ke Taipei yang dikritik keras oleh China.

“Sambil menghormati kebijakan Satu China, solidaritas kami dengan Taiwan lebih penting dari sebelumnya,” ujar Pelosi, saat konferensi pers bersama dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.



“AS mendukung status quo dan tidak ingin sesuatu terjadi pada Taiwan secara paksa,” ungkap Pelosi.

Ditanya tentang konsekuensi ekonomi yang harus dihadapi Taiwan sebagai akibat dari kunjungannya, Pelosi mengatakan Undang-undang AS membuka pintu bagi pertukaran ekonomi yang lebih baik antara Amerika Serikat dan Taiwan.



“Taiwan berkomitmen mempertahankan status quo di seluruh selat Taiwan,” papar Tsai.

Dia menambahkan latihan militer China, yang diluncurkan sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi adalah reaksi yang tidak perlu.

Ketegangan meningkat di kawasan Taiwan akibat kunjungan Pelosi. China menggelar latihan militer di sekeliling Taiwan yang dianggap Taipei sebagai bentuk blokade laut dan udara.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)