Agama Warga Negara Myanmar dan Persentasenya

Jum'at, 29 Juli 2022 - 21:43 WIB
loading...
Agama Warga Negara Myanmar dan Persentasenya
Biksu Budha berjalan dalam prosesi sambil mengumpulkan sedekah di Yangon, Myanmar, pada 19 Mei 2008. Foto/REUTERS
A A A
NAYPYIDAW - Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 kilometer persegi dengan populasi sebanyak 57,1 juta orang di pertengahan tahun 2021. Negara ini memiliki masyarakat yang majemuk.

Hal tersebut ditandai dengan keberagaman etnik dan bahasa yang mereka gunakan. Secara resmi, terdapat 135 etnis dengan variasi sub-kelompok yang berbeda bahasa di Myanmar.

Di Myanmar, terdapat beberapa agama yang dianut oleh warga negaranya. Konstitusi negara tersebut juga menjamin setiap warga negara berhak untuk secara bebas menganut dan menjalankan agamanya.

Berikut merupakan keyakinan-keyakinan yang dianut warga negara Myanmar beserta persentasenya menurut 2021 Report on International Religious Freedom: Burma, dari laman Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

1. Buddhisme Theravada

Sebagian besar penduduk Myanmar menganut Buddhisme Theravada. Adapun kelompok etnis yang menganut agama tersebut di antaranya adalah etnis mayoritas Bamar, disusul dengan Shan, Arakan, Mon, dan etnis Rakhine, suku yang tinggal di negara bagian Rakhine.

Buddhisme Theravada dianut oleh 88% dari 57,1 juta populasi warga negara Myanmar.

Menjadi keyakinan yang dominan dianut oleh warga negara Myanmar, kebudayaan Myanmar dan identitas negara pun sangat erat kaitannya dengan agama Buddha.

2. Kristen

Terdapat 6% dari populasi yang menganut agama Kristen. Kristen merupakan agama terbesar kedua di Myanmar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)