Putra Mahkota Arab Saudi dan Macron Sepakat Atasi Dampak Perang Ukraina

Jum'at, 29 Juli 2022 - 21:01 WIB
loading...
A A A
Pangeran Mohammed berterima kasih kepada Macron atas dukungan Prancis atas upaya Arab Saudi menjadi tuan rumah Expo 2030.

Macron memuji upaya Kerajaan mempertahankan gencatan senjata di Yaman, sementara Pangeran Mohammed memuji dukungan Prancis atas upaya PBB mencapai solusi politik di Yaman.

Para pemimpin membahas upaya internasional yang dilakukan untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir dan mendesak Teheran bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Mereka sepakat bahwa diplomasi dan cara damai adalah cara terbaik menyelesaikan perselisihan internasional.

Keduanya menekankan pada menghormati persatuan dan kedaulatan negara serta tidak mencampuri urusan dalam negeri negara mana pun.

Krisis ekonomi Lebanon adalah salah satu isu utama yang dibahas, dengan kedua pemimpin menegaskan kembali dukungan mereka untuk kedaulatan, keamanan dan stabilitas Lebanon, serta pentingnya menerapkan reformasi politik dan ekonomi yang komprehensif.

Mereka meninjau pekerjaan Dana Saudi-Prancis dalam mendukung inisiatif kemanusiaan dan bantuan di Lebanon.

Pangeran Mohammed dan Macron sepakat mengintensifkan upaya mencapai solusi dua negara di Palestina dengan cara yang menjamin hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Pembicaraan juga membahas mencapai solusi politik di Suriah yang menjamin keselamatan rakyatnya.

Putra mahkota mengakhiri kunjungannya ke Prancis Jumat pagi, setelah menghabiskan dua hari sebelumnya di Yunani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)