Studi Terbaru Yakini Pasar Hewan Wuhan Sumber Pandemi COVID-19

Rabu, 27 Juli 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Tim studi pertama menggunakan alat pemetaan untuk menentukan lokasi sebagian besar dari 174 kasus pertama yang diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menemukan 155 di antaranya berada di Wuhan.

Selanjutnya, kasus-kasus ini berkerumun di sekitar pasar - dan beberapa pasien awal yang tidak memiliki riwayat mengunjungi pasar baru-baru ini tinggal sangat dekat dengannya. Mamalia yang sekarang diketahui terinfeksi virus - termasuk rubah merah, musang babi dan anjing rakun - semuanya dijual langsung di pasar, tim menunjukkan.



Penulis penelitian juga mengaitkan sampel positif dari pasien pada awal 2020 dengan bagian barat pasar, yang menjual hewan hidup atau yang baru disembelih pada akhir 2019. Kasus-kasus awal yang tertutup rapat kontras dengan bagaimana hal itu menyebar ke seluruh kota pada Januari dan Februari, yang dikonfirmasi oleh para peneliti dengan menelusuri data check-in media sosial dari aplikasi Weibo.

"Ini memberi tahu kami bahwa virus itu tidak beredar secara samar," kata Worobey dalam sebuah pernyataan. "Itu benar-benar berasal dari pasar itu dan menyebar dari sana," lanjutnya.

Studi kedua berfokus pada penyelesaian perbedaan yang tampak dalam evolusi awal virus. Dua garis keturunan, A dan B, menandai awal pandemi. Tetapi sementara A lebih dekat dengan virus yang ditemukan pada kelelawar, menunjukkan bahwa virus corona pada manusia berasal dari sumber ini dan bahwa A memunculkan B, B yang ditemukan jauh lebih ada di pasar.

Para peneliti menggunakan teknik yang disebut "analisis jam molekuler," yang bergantung pada tingkat di mana mutasi genetik terjadi dari waktu ke waktu untuk merekonstruksi garis waktu evolusi - dan menemukan bahwa A tidak mungkin memunculkan B.



"Jika tidak, garis keturunan A harus berevolusi dalam gerakan lambat dibandingkan dengan virus garis keturunan B, yang tidak masuk akal secara biologis," kata Worobey.

Sebaliknya, skenario yang mungkin adalah keduanya melompat dari hewan di pasar ke manusia pada kesempatan terpisah, pada November dan Desember 2019. Para peneliti menyimpulkan bahwa tidak mungkin ada sirkulasi manusia sebelum November 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)