Studi Terbaru Yakini Pasar Hewan Wuhan Sumber Pandemi COVID-19

Rabu, 27 Juli 2022 - 21:00 WIB
loading...
Studi Terbaru Yakini Pasar Hewan Wuhan Sumber Pandemi COVID-19
Studi Terbaru Yakini Pasar Hewan Wuhan Sumber Pandemi COVID-19. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pasar hewan di Wuhan , China benar-benar menjadi pusat pandemi COVID-19 , menurut sepasang penelitian baru dalam jurnal Science yang diterbitkan Selasa (26/7/2022), yang mengklaim telah memberikan keseimbangan dalam perdebatan tentang asal virus.

Menjawab pertanyaan apakah penyakit itu menular secara alami dari hewan ke manusia, atau akibat kecelakaan laboratorium, dipandang penting untuk mencegah pandemi berikutnya dan menyelamatkan jutaan nyawa.

Baca: Virolog: Pasien Kasus Pertama COVID-19 Adalah Wanita di Pasar Wuhan

Seperti dilaporkan AFP, Rabu (27/7/2022), makalah pertama menganalisis pola geografis kasus COVID-19 pada bulan pertama wabah, Desember 2019, menunjukkan kasus pertama berkerumun di sekitar Pasar Grosir Makanan Laut Huanan Wuhan.

Data genomik kedua yang diperiksa dari kasus paling awal untuk mempelajari evolusi awal virus, menyimpulkan bahwa tidak mungkin virus corona beredar luas pada manusia sebelum November 2019.

Keduanya sebelumnya diposting sebagai "pracetak" tetapi sekarang telah diperiksa oleh peer review ilmiah dan muncul di jurnal bergengsi.

Michael Worobey dari University of Arizona, yang ikut menulis kedua makalah tersebut, sebelumnya telah meminta komunitas ilmiah dalam sebuah surat untuk lebih terbuka terhadap gagasan bahwa virus itu adalah hasil dari kebocoran laboratorium.

Baca: Selidiki Asal-usul Covid-19, China akan Uji Ribuan Sampel Darah dari Wuhan

“Tetapi temuan itu memindahkannya ke titik di mana sekarang saya juga berpikir tidak masuk akal bahwa virus ini diperkenalkan dengan cara lain selain melalui perdagangan satwa liar di pasar Wuhan," kata Worobey kepada wartawan melalui telepon.

Meskipun penyelidikan sebelumnya berpusat pada pasar hewan hidup, para peneliti menginginkan lebih banyak bukti untuk menentukan bahwa itu benar-benar nenek moyang wabah, bukan penguat. Ini membutuhkan studi tingkat lingkungan di dalam Wuhan untuk lebih yakin bahwa virus itu "zoonik" - bahwa ia melompat dari hewan ke manusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1865 seconds (11.97#12.26)