Terungkap, Inggris Imingi Pilot Tempur Rusia Uang agar Melawan Putin

Selasa, 26 Juli 2022 - 12:04 WIB
loading...
A A A
"Intelijen Ukraina mencoba untuk merangsang pilot Rusia dengan janji untuk mengirim istri mereka ke negara-negara Uni Eropa dan memberikan kewarganegaraan atau izin tinggal," kata FSB, seperti dikutip Daily Mirror, Selasa (26/7/2022).

Di bawah dugaan plot tersebut, navigator pesawat yang membelot dilaporkan akan diracuni dengan clonidine.

Seorang pilot Rusia dilaporkan telah mengambil foto dirinya di depan pesawat tempur untuk membuktikan kepada orang Ukraina bahwa dia pilot tempur asli.

"Badan intelijen Inggris memberikan dukungan utama kepada intelijen militer Ukraina dalam operasinya untuk membajak pesawat militer Rusia," lanjut FSB.

Seorang sumber Rusia mengatakan: "Jelas bahwa operasi itu sendiri dilakukan dengan dukungan dari badan intelijen Barat, terutama Inggris."

FSB mengklaim bahwa kepala penyelidik biro jurnalisme investigasi Bellingcat—Christo Grozev—juga terlibat dalam skema tersebut.

Dia belum menanggapi tuduhan itu, dan Bellingcat telah membantah adanya hubungan dengan organisasi intelijen.

Grozev—seorang pakar Rusia—baru-baru ini memperingatkan bahwa jika Putin digulingkan, seseorang yang bahkan lebih ingin berperang dapat menggantikannya.

Masih menurut FSB, Petugas intelijen Ukraina diduga memberi tahu seorang pilot yang berpotensi membelot: "Saya memberi Anda rute. Sehingga Anda mau terbang di luar daerah berpenduduk, karena daerah berpenduduk memiliki konsentrasi MANPADS tertinggi.”

Stasiun televisi Zvezda yang dikendalikan Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan informasi itu telah mengungkap pertahanan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)