Jokowi Temui Presiden China Xi Jinping di Beijing Hari Ini, Bahas Apa?

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:24 WIB
loading...
Jokowi Temui Presiden China Xi Jinping di Beijing Hari Ini, Bahas Apa?
Bendera nasional Indonesia dan China berkibar di Gerbang Tiananmen, Beijing, China, 25 Juli 2022 menjelang kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping dilaporkan akan mengadakan pembicaraan langsung di Beijing dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini (26/7/2022).

China selama ini jarang dikunjungi para pemimpin dunia yang masih waspada terhadap COVID-19. Kunjungan Jokowi kali ini juga tercatat sebagai kunjungan langka dari kepala negara asing.

Terakhir kali China menjamu para pemimpin asing adalah pada awal Olimpiade Musim Dingin pada bulan Februari, di mana Presiden Rusia Vladimir Putin di antara mereka yang mengunjungi Beijing dalam protokol yang dijaga ketat.

Jokowi berkunjung ke Beijing hari ini atas undangan Xi Jinping untuk apa yang dikatakan China sebagai “pertukaran pandangan mendalam”.



Menurut Reuters, Jokowi yang tiba di Beijing tadi malam juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Perjalanan oleh pejabat asing ke China sangat jarang terjadi sejak pandemi virus corona baru merebak lebih dari dua tahun lalu, dengan sebagian besar perbatasan China ditutup karena masalah COVID-19 domestik.

Xi terakhir melakukan perjalanan keluar dari daratan China ke Hong Kong pada 30 Juni untuk menandai 25 tahun sejak bekas jajahan Inggris itu kembali ke pemerintahan China.

Sebelumnya, Xi mengunjungi Myanmar pada Januari 2020, perjalanan resmi terakhirnya ke luar negeri.

Indonesia, salah satu mitra dagang terbesar China, merupakan sumber penting feronikel, batu bara, tembaga, dan gas alam bagi ekonomi terbesar kedua di dunia itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)