Jokowi Temui Presiden China Xi Jinping di Beijing Hari Ini, Bahas Apa?

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:24 WIB
loading...
A A A
Pada paruh pertama tahun 2022, impor China dari Indonesia, sebagian besar komoditas, melonjak 34,2 persen per tahun, terbesar setelah Rusia.

Sebagai pemegang presidensi G20 tahun ini, Jokowi telah berusaha untuk memperbaiki keretakan di dalam kelompok tersebut yang terekspos oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Bulan lalu dia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan juga bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Jokowi mengatakan Indonesia bersedia menjadi “jembatan komunikasi” antara kedua pemimpin negara tersebut.

China, meskipun tidak mengutuk mitra strategisnya; Rusia, atas invasi tersebut, telah berulang kali menyerukan penghentian permusuhan dan telah menawarkan untuk membantu mempromosikan pembicaraan damai.

Baik Indonesia dan Rusia adalah bagian dari G20. Beberapa negara anggota G20 mengancam akan memboikot pertemuan puncak (KTT) para pemimpin G20 di pulau Bali pada 15-16 November nanti jika Putin hadir.

Pertemuan G20 tahun ini berfokus pada ketahanan pangan global dan invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus”.

Perang di Ukraina telah menyebabkan gangguan besar pada perdagangan global, di mana harga gandum melonjak di tengah blokade pelabuhan Ukraina dan sanksi terhadap komoditas Rusia seperti minyak, gas dan pupuk.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)