9 Negara dengan Konsumsi Nasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Masuk?

Kamis, 21 Juli 2022 - 18:28 WIB
loading...
9 Negara dengan Konsumsi Nasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Masuk?
Sejumlah negara tercatat sebagai negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia, termasuk Indonesia?. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sediktinya ada 9 negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia. Secara umum, beras diketahui sebagai salah satu biji-bijian yang paling banyak dimakan. Pada proses pengolahannya, beras sendiri akan dikonversi menjadi nasi.

Seiring perkembangannya, muncul banyak hidangan atau olahan makanan yang bervariasi. Namun, dalam hal ini nasi tetap menjadi salah satu favorit, bahkan sebagian menjadikannya makanan pokok sehari-hari.

Melansir dari situs Statista, berikut negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia tahun 2021/2022.

1. China

China adalah negara terpadat di dunia. Kota terpadatnya sendiri adalah Shanghai. Selain menjadi produsen beras terbesar, China juga menjadi konsumen nasi terbesar pula.

Pada tahun 2021/2022, China tercatat memiliki angka konsumsi nasi terbesar diantara negara-negara lain. Angkanya sendiri mencapai 154,9 juta metrik ton. Jika melihat data dari tahun sebelumnya, angka tersebut relatif mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

2. India

India merupakan sebuah negara di Asia Selatan. Sama halnya dengan China, negara ini menjadi salah satu yang terpadat dengan jumlah populasi yang terus berkembang setiap tahunnya.

Beras sendiri menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar penduduk India. Tercatat, total konsumsinya pada 2021/2022 mencapai angka 103,5 Juta metrik ton.



3. Vietnam

Beralih ke Asia Tenggara, ada tetangga Indonesia, yaitu Vietnam. Ibukota negara ini berada di Hanoi, sedangkan kota terbesarnya adalah Ho Chi Minh City. Menilik dari riwayatnya, negara ini memiliki sejarah panjang dalam proses merebut kemerdekaannya.

Vietnam sendiri turut masuk dalam jajaran negara dengan konsumsi nasi terbesar di dunia. Menurut data Statista 2021/2022, total konsumsi beras di negara ini mencapai angka 73,3 Juta metrik ton. Angka ini menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara, termasuk mengungguli Indonesia.

4. Bangladesh

Selain India, Bangladesh juga menjadi negara di kawasan Asia Selatan yang cukup bergantung pada nasi sebagai makanan utama penduduknya.

Berstatus sebagai salah satu negara terpadat, Bangladesh juga termasuk negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi. Konsumsi nasi Bangladesh pada 2021/2022 adalah sekitar 36,7 Juta metrik ton.

5. Indonesia

Indonesia berada di urutan kelima dari daftar negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia. Seperti yang diketahui, nasi menjadi makanan pokok di negara ini. Bahkan, sebagian warga negaranya selalu menempatkan nasi dalam setiap hidangan yang akan dimakannya.

Selain fakta tersebut, Indonesia sebagai negara agraris memiliki banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani. Beras sendiri menjadi salah satu komoditas penting bagi masyarakat.

Menurut data Statista 2021/2022, konsumsi beras di Indonesia mencapai 35,6 Juta metrik ton. Angka tersebut masih terbilang lebih tinggi dibanding beberapa negara lain termasuk Jepang.



6. Filipina

Negara Kepulauan di Asia Tenggara ini berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian selatan dan Malaysia di bagian barat daya. Pada tahun 2021, populasinya diperkirakan mencapai 109 juta jiwa.

Negara yang memiliki ibu kota di Manila ini memiliki konsumsi beras yang cukup besar. Pada 2021/2021 angkanya mencapai 14,8 Juta metrik ton.

7. Thailand

Penduduk Negeri Gajah Putih juga diketahui sebagai konsumen nasi yang cukup besar. Dengan populasinya yang cukup besar, angka konsumsi nasi di Thailand pada 2021/2022 mencapai 13 Juta metrik ton.

8. Myanmar

Masih di Asia Tenggara, kali ini ada Myanmar yang menempati posisi kedelapan negara dengan konsumsi nasi terbanyak. Pada tahun 2017, jumlah populasi Burma diperkirakan mencapai 54 juta jiwa.

Dari sekian banyak penduduk tersebut, mereka menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya. Tercatat pada 2021/2022 angka konsumsi nasi di Myanmar adalah sekitar 10,6 Juta metrik ton.

9. Jepang

Secara umum, Jepang cukup identik dengan beberapa jenis makanan seperti Ramen dan Sushi. Akan tetapi, negara kepulauan di Asia Timur ini juga memiliki angka konsumsi nasi yang cukup tinggi.

Menurut data Statista 2021/2022, angka konsumsi nasi di Jepang mencapai 8,2 Juta metrik ton. Besaran ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Brazil yang menempati posisi di bawahnya dengan kisaran angka 7,5 juta metrik ton.



Demikian ulasan mengenai negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)