Tiga Balasan Menohok Pangeran Mohammed bin Salman Membungkam Biden

Senin, 18 Juli 2022 - 09:23 WIB
loading...
A A A
2. Skandal Penjara Abu Ghraib Irak

Pangeran MBS mengkonfrontasi Biden soal pelecehan seksual dan fisik para tahanan di penjara Abu Ghraib Irak oleh personel militer AS.

Dalam wawancara dengan CNN, Menteri Negara Arab Saudi untuk Urusan Luar Negeri Adel al-Jubeir menggemakan sentimen yang dilontarkan Pangeran MBS soal skandal Penjara Abu Ghraib.

"Kami menyelidiki, menghukum dan memastikan bahwa ini (kasus seperti pembunuhan Khashoggi) tidak terjadi lagi," kata Jubeir.

"Inilah yang dilakukan negara-negara. Inilah yang dilakukan AS ketika kesalahan Abu Ghraib dilakukan," sindir Jubeir.

Penjara Abu Ghraib adalah pusat penahanan Angkatan Darat AS bagi warga Irak yang ditangkap dari awal invasi AS ke Irak pada tahun 2003 hingga penutupan penjara pada tahun 2006.

Pada tahun 2004, sebuah kumpulan gambar grafis dari penjara bocor, yang menggambarkan penyiksaan dan pelecehan seksual para tahanan Irak oleh personel militer AS. Sekitar 11 tentara AS dihukum karena kejahatan yang berkaitan dengan skandal itu.

3. Pembunuhan Jurnalis Palestina-Amerika Shireen Abu Akleh

Pangeran MBS mengkonfrontasi Biden soal kasus pembunuhan jurnalis Palestina-Amerika Serikat Shireen Abu Akleh di Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Jurnalis perempuan itu ditembak mati, yang menurut laporan beberapa investigasi, oleh tentara Israel.

"Putra Mahkota menanggapi pernyataan Presiden Biden tentang... Khashoggi setelah dengan cukup jelas--bahwa kejahatan ini, meskipun sangat disayangkan dan menjijikkan, adalah sesuatu yang dianggap sangat serius oleh kerajaan (dan) ditindaklanjuti dengan cara yang simpatik dengan posisinya sebagai negara yang bertanggung jawab," kata Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)