Rusia Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Rabu, 13 Juli 2022 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Rospotrebnadzor juga mengklaim bahwa penduduk negara itu memiliki lapisan kekebalan yang signifikan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran cacar monyet karena vaksinasi massal terhadap cacar yang dilakukan di masa lalu.



Awal bulan ini, direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa, Dr. Hans Kluge, menyerukan tindakan mendesak dan terkoordinasi di tengah penyebaran cepat kasus cacar monyet di seluruh dunia, terutama Eropa.

Pada 11 Juli, total 9.647 kasus telah terdeteksi di 63 negara, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Jumlah kasus terbesar – sebanyak 2.034 – telah terdaftar di Spanyol.

WHO mengatakan bahwa sebagian besar kasus yang dilaporkan sejauh ini telah diidentifikasi melalui kesehatan seksual atau layanan kesehatan lainnya di fasilitas perawatan kesehatan primer atau sekunder dan telah melibatkan terutama, tetapi tidak secara eksklusif, laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Virus dapat menyebar melalui kontak dekat dengan luka, cairan tubuh, droplet, serta melalui bahan yang terkontaminasi.

Gejala awal cacar monyet antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan. Ruam sering dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh, meskipun WHO mencatat bahwa pasien yang terkena wabah saat ini telah mengembangkan luka pada alat kelamin dan anus, dan bukan beberapa gejala infeksi seperti flu tradisional.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)