Takut Disadap Rusia, Uni Eropa Bangun Bunker Anti Mata-mata

Minggu, 10 Juli 2022 - 10:53 WIB
loading...
Takut Disadap Rusia, Uni Eropa Bangun Bunker Anti Mata-mata
Uni Eropa tengah membangun sebuah bunker anti sadap. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) tengah membangun sebuah bunker yang aman senilai Rp121 miliar di Brussels sehingga para pemimpin blok itu dapat mendiskusikan hal rahasia tanpa disadap Rusia atau negara lain. Demikian laporan EUobserver mengutip memo UE yang menjelaskan proyek tersebut.

Menurut EUobserver bunker tersebut dapat menampung sekitar 100 orang – hingga 34 pemimpin dan 34 notulensi mereka, serta staf protokol, teknis, dan katering.

Seperti diketahui UE memiliki 27 negara anggota, tetapi dapat berkembang di masa depan, dan bunker itu juga akan digunakan untuk pertemuan tingkat rendah oleh para duta besar dan pejabat senior UE.

Ruangan itu bersifat offline tetapi dilengkapi dengan teknologi konferensi layar lebar internal dan mikrofon yang dipasang di bilik yang sama-sama aman untuk 30 juru bahasa.

Dan baik ruang pertemuan maupun stan akan tertutup dalam sangkar isolasi bersertifikat NATO untuk mengurangi risiko eksploitasi emanasi yang membahayakan - gelombang elektro-magnetik dan radio yang dihasilkan oleh layar dan kabel TI, yang dapat dicegat dari jarak jauh.

Siapa pun yang masuk, bahkan jika mereka adalah seorang pembersih, harus memiliki izin keamanan "RAHASIA UE" dan alasan "yang perlu diketahui" untuk berada di sana.

RAHASIA UE adalah tingkat klasifikasi tertinggi kedua di blok itu.



Ini mencakup informasi yang dapat sangat merugikan kepentingan Uni Eropa jika keluar. Kebocoran dapat meningkatkan ketegangan internasional atau mengancam kehidupan atau ketertiban umum di Eropa, menurut pedoman keamanan UE.

Selaini itu para pemimpin dan staf UE harus meninggalkan ponsel, laptop, jam tangan pintar, kunci elektronik, dan bahkan alat bantu dengar mereka di loker kedap suara di luar ruangan.

Fasilitas ini akan dibangun pada 2024 di kompleks Dewan Uni Eropa di Brussels, yang telah menjadi tuan rumah KTT. Lokasi pastinya belum diputuskan, tetapi para pejabat mencari di suatu tempat di dekat ruang KTT UE yang normal sehingga para pemimpin dapat bolak-balik dengan lebih mudah.

"Dan setiap perawatan akan dilakukan untuk memastikan tidak ada yang menyelundupkan alat pendengar," bunyi memo Uni Eropa menjelaskan.

"Bunker akan disapu sebelum dan sesudah pertemuan untuk mendeteksi, menemukan dan menetralisir alat penyadap," sambung memo itu.

"Ini akan memberikan tingkat kenyamanan yang sesuai untuk VIP (perabotan, kursi, dll.) dan kesopanan tetap yang sesuai (misalnya bendera, tetapi tidak ada bunga atau barang lain yang sering diganti)," tambahnya.

"Setiap perabotan baru, peralatan teknis atau aksesori (bunga, dekorasi, utilitas minuman, dll.) harus menjalani pemeriksaan TSCM [tindakan pencegahan keamanan teknis]," demikian bunyi memo itu seperti dikutip dari EUobserver, Minggu (10/7/2022).



Tetapi untuk semua perhatian UE terhadap detail, kecanggihan spyware modern membuatnya terlalu mudah untuk disembunyikan, menurut sebuah anekdot oleh sumber keamanan Belgia, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Ada beberapa rumah kosong di samping Shape (pangkalan NATO di Belgia) di mana dinas intelijen negara-negara anggota mengadakan latihan dengan alat pendengar," katanya.

"Satu tim memiliki 24 jam untuk menempatkan bug sebanyak mungkin dan tim lain memiliki 24 jam untuk menyapu mereka. Estonia adalah yang terbaik (dalam mendeteksi), tetapi tidak ada yang pernah menemukan semua perangkat," tambahnya.

Itu terjadi setelah Rusia membawa kembali perang ke Eropa dengan menginvasi Ukraina dan di tengah rencana Uni Eropa untuk menciptakan angkatan bersenjata bersama bersama NATO.

Dua mata-mata Rusia yang baru-baru ini diusir oleh Belgia adalah spesialis penyadapan sinyal.

Dua spesialis sinyal Rusia itu diusir pada April lalu bersama 39 mata-mata lain yang menyamar sebagai diplomat di kedutaan dan konsulat Belgia. Ini memberikan gambaran tentang tingkat ancaman di Ibu Kota Uni Eropa.

Tetapi China dan Israel juga telah terlibat dalam skandal penyadapan UE di Brussel dalam beberapa tahun terakhir.



Beberapa tahun sebelum perang, militer Belgia disiagakan atas potensi perangkat pendengar Rusia atau China dalam jet VIP yang disewa untuk menerbangkan para pemimpin Uni Eropa dan NATO.

Belgia menyelidiki petunjuk sekitar 10 tahun yang lalu bahwa China telah menyadap kedutaan Uni Eropa Malta, yang terletak di seberang jalan dari Dewan Uni Eropa dan Markas Komisi Eropa.

Dan pihak berwenang Belgia, pada tahun 2010, juga mengindikasikan bahwa Israel mungkin telah memasang alat penyadap di gedung Dewan Uni Eropa Justus Lipsius, tempat KTT dulu diadakan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)