Diplomat Top: Uni Eropa Tidak Ingin Perang dengan Rusia

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:21 WIB
loading...
Diplomat Top: Uni Eropa Tidak Ingin Perang dengan Rusia
Diplomat top sebut Uni Eropa tidak ingin perang dengan Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Diplomat top Uni Eropa (UE) mengatakan blok negara-negara Eropa itu tidak menginginkan perang dengan Rusia . Ia menambahkan bahwa tekanan ekonomi tetap menjadi instrumen kunci dalam melawan “agresi” Moskow di Ukraina.

Menulis untuk outlet Jepang Yomiuri, Kepala Kebijakan Luar Negeri UE itu mengatakan bahwa enam paket sanksi yang dijatuhkan pada Moskow oleh UE sejak akhir Februari telah menunjukkan bahwa blok tersebut dapat merespons sebagai Eropa ketika diprovokasi.

“Uni Eropa tidak menginginkan perang dengan Rusia, dan sanksi ekonomi merupakan pusat tanggapannya terhadap agresi,” tulis Borrell seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (7/7/2022).

Menunjukkan bahwa pembatasan saat ini menargetkan sekitar 1.200 individu dan 98 organisasi di Rusia, ia mengklaim bahwa mereka sudah mulai berlaku dan akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.

“Sejauh menyangkut teknologi canggih, Rusia bergantung 45% pada Eropa dan 21% pada Amerika Serikat. Hanya 11% untuk China,” klaimnya, seraya menambahkan bahwa sanksi tersebut juga membatasi kapasitas produksi rudal presisi, yang digunakan di Ukraina.



Borrell juga menyebut manufaktur mobil, penerbangan, dan industri minyak sebagai yang paling terkena dampak sanksi.

Menurut pendapat Borrell, salah satu dari banyak kesalahan perhitungan yang diduga dilakukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin adalah bahwa dia mungkin berpikir bahwa Eropa bergantung pada energi dan tidak akan memiliki keberanian untuk menjatuhkan sanksi.

Meski begitu, diplomat top UE itu mengakui bahwa tindakan yang diambil terhadap Moskow juga telah membawa kesulitan serius bagi banyak negara anggota UE dan beberapa sektor ekonomi.

“Tapi ini adalah harga yang harus dibayar untuk melindungi demokrasi dan hukum internasional, dan kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini dengan solidaritas penuh,” tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)