Serbia: Banyak Negara Uni Eropa Sedang Perang Langsung dengan Rusia

Minggu, 26 Juni 2022 - 02:01 WIB
loading...
Serbia: Banyak Negara Uni Eropa Sedang Perang Langsung dengan Rusia
Presiden Serbia Aleksandar Vucic. Foto/REUTERS
A A A
BEOGRADE - Banyak negara Uni Eropa (UE) berada dalam “perang langsung” dengan Rusia dan “marah” dengan Beograd karena menolak mengikuti sanksi pada Moskow.

Pernyataan itu diungkapkan Presiden Serbia Aleksandar Vucic pada Sabtu (25/6/2022).

Berbicara pada konferensi pers dua hari setelah menghadiri pertemuan antara 27 pemimpin Uni Eropa dan enam kepala pemerintahan dari Balkan Barat, Vucic mengklaim, “Balkan tidak penting pada hari itu bagi Uni Eropa, karena UE sepenuhnya berperang dengan Rusia dan prioritasnya adalah memberikan status kandidat Uni Eropa kepada Ukraina dan Moldova.”

Baca juga: Tentaranya Banyak yang Tewas, Ukraina Rekrut Narapidana dan Wanita

“Viktor Orban (perdana menteri Hungaria) mengatakan bahwa dalam arti ekonomi, Serbia dan Montenegro jauh lebih siap untuk menjadi bagian dari UE daripada beberapa negara lain. Tapi siapa peduli?" ujar Vucic.

Dia menjelaskan, Serbia kini berada dalam posisi sulit karena tekanan untuk bergabung dengan anggota UE dalam menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Baca juga: Rusia Tidak Akan Bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir

Presiden menekankan bahwa dia menyadari “betapa marahnya banyak dari mereka” atas masalah ini.

“Banyak negara UE sedang berperang langsung melawan Rusia. Mereka mengirim howitzer, pesawat, S-300 ke Ukraina, dan menurut Anda bagaimana mereka akan memperlakukan kita? Mereka tidak berada di posisi kita sebagaimana kita tidak berada di posisi mereka, dan itulah mengapa posisi kita sangat sulit. Apakah akan lebih mudah? Yah, itu tidak akan terjadi,” papar Vucic.

Namun, dia berjanji Serbia akan terus mengejar jalur Eropanya karena “harus ada pendekatan rasional dan pragmatis dalam politik, yang mempertimbangkan kepentingan.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1397 seconds (10.55#12.26)