9 Kumpulan Surat Menyentuh Para Peraih Nobel

Minggu, 28 Juni 2020 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Pada 1950, Akademi Swedia memberinya Hadiah Nobel sastra sebagai pengakuan atas tulisan dan perannya memperjuangkan cita-cita kemanusiaan dan kebebasan berpikir. Dalam suratnya kepada rekannya Albert Einstein, Russell mengusulkan upaya bersama melawan proliferasi nuklir, yang akhirnya akan menjadi Manifesto Russell-Einstein. (Baca juga: Peraih Nobel: Penyebaran Corona Melambat, Pandemi Akan Berakhir)

Salah satu isi suratnya berbunyi "Para ilmuwan memiliki tanggung jawab khusus, karena pekerjaan mereka secara tidak sengaja menyebabkan bahaya kita saat ini."

3. Pearl S Buck (Pemenang Nobel Sastra 1938)

9 Kumpulan Surat Menyentuh Para Peraih Nobel


Penulis dan humanitarian Pearl S. Buck memenangkan Hadiah Nobel Sastra pada 1938. Karyanya yang paling terkenal, The Good Earth, adalah novel terlaris di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1931 dan 1932, yang memenangkan Hadiah Pulitzer tahun 1932. (Lihat grafis: Amerika Serikat Hibahkan 3 Unit Multirole-Radar untuk Indonesia)

Suatu hari di akhir Oktober 1936, Buck duduk untuk menulis surat kepada Helen Keller, seorang wanita terkenal inspiratif yang baru saja kehilangan teman dan gurunya, Anne Sullivan. Salah satu petikan suratnya berbunyi "Aku menganggap bertemu gurumu sebagai salah satu pengalaman hebat dalam hidupku."

4. Winston Churchill (Pemenang Nobel Sastra 1953)

9 Kumpulan Surat Menyentuh Para Peraih Nobel


Winston Churchill dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1953 untuk penguasaan deskripsi sejarah dan biografis serta untuk pidato yang brilian dalam membela nilai-nilai kemanusiaan. Chruchill merupakan satu-satunya perdana menteri Inggris yang menerima penghargaan Nobel. (Baca juga: Patung Churchill Ditutupi Kotak Besi Cegah Serangan Demonstran)

Pada tahun 1963, ia juga akan menjadi Warga Kehormatan pertama Amerika Serikat. Pada Juli 1915, Churchill yang itu berusia 40 tahun menulis surat kepada istrinya, Clementine yang antara lain berisi catatan jika dirinya meninggal nanti. Salah satu bunyi petikan suratnya yakni "Jika ada tempat lain aku akan mewaspadai kamu."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)