Zelensky: Rusia Akan datang ke Eropa

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:29 WIB
loading...
Zelensky: Rusia Akan datang ke Eropa
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia dapat menggunakan Ukraina sebagai titik awal untuk menyerang negara-negara Eropa lainnya. Dia meminta jaminan keamanan kepada Barat yang dapat dinikmati Ukraina saat tidak menjadi anggota blok militer pimpinan AS NATO.

“Kami membutuhkan sistem jaminan keamanan, yang akan efektif bahkan ketika kami bukan bagian dari aliansi,” kata Zelensky pada hari Selasa di meja bundar yang diselenggarakan oleh The Economist.

“Rusia memandang wilayah negara kita sebagai pijakan untuk merebut negara-negara Eropa lainnya. Artinya, memastikan keamanan Ukraina berarti memberikan keamanan jangka panjang untuk seluruh Eropa,” imbuhnya seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (6/7/2022).



Dia berpendapat bahwa "zona abu-abu" dalam keamanan Eropa telah memungkinkan Rusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina.

Zelensky menyebutkan Budapest Memorandum, kesepakatan 1994 di mana Ukraina menyerahkan persenjataan nuklir era Sovietnya dengan imbalan janji dari AS, Inggris dan Rusia bahwa mereka akan “memberikan bantuan” ke Ukraina dalam kasus agresi. Ketiga negara bagian itu juga bersumpah untuk tidak menyerang Ukraina.

Zelensky mengatakan jaminan yang diberikan di bawah Memorandum Budapest dan "jaminan" serupa kini telah "dihancurkan."

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa ekspansi NATO telah merusak keamanan Eropa. Presiden Vladimir Putin mengutip upaya blok itu untuk mendirikan “pijakan” di Ukraina sebagai salah satu alasan aksi militer di negara itu.



Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina.

Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Pada Februari 2022, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)