Mengenal Spesifikasi Jet Tempur Dassault Rafale Buatan Perancis

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:45 WIB
loading...
Mengenal Spesifikasi Jet Tempur Dassault Rafale Buatan Perancis
Mengenal Spesifikasi Jet Tempur Dassault Rafale Buatan Perancis. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Prancis dikenal sebagai salah satu produsen pesawat tempur kelas dunia. Jet-jet tempur buatan negara ini acap menjadi incaran banyak negara dan dipergunakan oleh militer dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk unggulan yang diburu banyak negara adalah jet tempur Dassault Rafale buatan Perancis.

Dassault Rafale adalah pesawat jet tempur multi-peran generasi ke-4.5 bermesin ganda sayap delta yang dirancang dan dibangun oleh Dassault Aviation. Diperkenalkan pada tahun 2000, Rafale sedang diproduksi baik untuk penggunaan darat dengan Angkatan Udara Prancis dan untuk operasi berbasis kapal induk dengan Angkatan Laut Prancis.

Baca: Yunani Umumkan Ingin Borong 20 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Seperti dikutip dari Skybrary.aero, Rafale adalah pesawat tempur jet kembar yang dapat beroperasi dari kapal induk dan pangkalan pantai. Rafale, yang sepenuhnya serbaguna, mampu melakukan semua misi penerbangan tempur: superioritas udara dan pertahanan udara, dukungan udara jarak dekat, serangan mendalam, pengintaian, serangan anti-kapal dan pencegahan nuklir.

Rafale memasuki layanan dengan Angkatan Laut Prancis pada tahun 2004 dan dengan Angkatan Udara Prancis pada tahun 2006. Dengan lebih dari 30.000 jam terbang dalam operasi, Rafale telah membuktikan nilainya dalam pertempuran di Afghanistan, Libya, Mali, Irak dan Suriah.

Pesawat ini tersedia dalam tiga varian utama: Rafale C versi single-seat land-based, Rafale B twin-seat land-based version, dan Rafale M single-seat carrier-based version. Pesawat ini juga mampu membawa berbagai senjata ampuh.

Baca: Spesifikasi MiG-41, Calon Jet Tempur Generasi Keenam Rusia dengan Kemampuan Mengerikan

Pembuat rudal Eropa MBDA Meteor di luar jangkauan visual rudal udara-ke-udara dan rudal jelajah Scalp akan menjadi andalan paket senjata jet Rafale Meteor adalah generasi berikutnya dari rudal udara-ke-udara BVR (BVRAAM) yang dirancang untuk merevolusi udara -pertempuran udara. Senjata tersebut telah dikembangkan oleh MBDA untuk memerangi ancaman umum yang dihadapi Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, dan Swedia

Jet tempur ini didukung oleh motor roket-ramjet unik yang memberikan tenaga mesin jauh lebih lama daripada rudal lainnya. Selain sistem rudal, jet Rafale akan datang dengan berbagai modifikasi khusus, termasuk tampilan yang dipasang di helm, penerima peringatan radar, jammer pita rendah, perekaman data penerbangan 10 jam, sistem pencarian dan pelacakan infra merah.

Spesifikasi Jet Tempur Dassault Rafale
Dimensi
Rentang sayap 10,90 m
Panjang 15,30 m
Tinggi 5,30 m

Bobot
Berat kosong keseluruhan 10 t (22.000 lbs)
Maks. berat lepas landas 24,5 t (54,000 lbs)
Bahan bakar (intern) 4,7 ton (10.300 pon)
Bahan bakar (luar) hingga 6,7 ton (14.700 lbs)
Beban eksternal 9,5 t (21.000 lbs)

Performa
Maks. dorong 2 x 7,5 t
Batas faktor beban -3,2 g / +9 g
Kecepatan maksimal M = 1,8 / 750 knot
Kecepatan pendekatan kurang dari 120 knot
Landing ground run 450 m (1.500 kaki) tanpa drag-chute

Pabrikan: Dassault Aviation
Negara: Prancis
Diproduksi: 2000 hingga sekarang
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1212 seconds (10.101#12.26)