AS Umumkan Akan Kembali Kirim HIMARS dan Kapal Patroli ke Ukraina

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:52 WIB
loading...
AS Umumkan Akan Kembali Kirim HIMARS dan Kapal Patroli ke Ukraina
AS umumkan akan kembali mengirimkan sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan memberikan lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina dalam kesepakatan yang mencakup sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan kapal patroli untuk melindungi garis pantai negara itu.

Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk komunikasi strategis AS, John Kirby mengatakan, kesepakatan itu bernilai USD450 juta atau sekitar Rp6,6 triliun.

"Ini sebagai bagian dari komitmen kami untuk membantu Ukraina mempertahankan demokrasinya dalam menghadapi agresi Rusia yang tidak beralasan," kata Kirby seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat (24/6/2022).

Paket bantuan tersebut termasuk sistem HIMARS baru, puluhan ribu amunisi tambahan untuk sistem artileri yang telah disediakan dan kapal patroli untuk membantu Ukraina mempertahankan pantai dan perairannya.



Kirby mengatakan ini adalah ketiga belas kalinya Presiden Joe Biden mengesahkan apa yang disebut sebagai penarikan presiden sejak Rusia menginvasi Ukraina. Sejak 24 Februari, AS telah memberi Ukraina bantuan keamanan lebih dari USD6 miliar.

"Keberanian dan tekad Angkatan Bersenjata Ukraina, apalagi sesama warganya, terus menginspirasi dunia dan kami berkomitmen untuk berdiri bersama mereka saat mereka berjuang untuk kebebasan," ujar Kirby.

Sementara itu penjabat Sekretaris Pers Pentagon Todd Breasseale memberikan rincian senjata yang akan dikirim yaitu 4 HIMARS, 36.000 butir amunisi 105mm, 18 kendaraan taktis untuk menarik artileri 155mm.

Paket bantuan itu juga termasuk 1.200 peluncur granat, 2.000 senapan mesin, 8 kapal patroli pesisir dan sungai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)