10 Negara dengan Etnis Paling Beragam di Dunia

Minggu, 28 Juni 2020 - 08:06 WIB
loading...
10 Negara dengan Etnis Paling Beragam di Dunia
Keragaman etnis di sebuah negara akan menjadi kekuatan jika dikelola dengan baik. Namun sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik bisa menggerogoti sendi-sendi nasionalisme sebuah negara. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
KERAGAMAN etnis di sebuah negara akan menjadi kekuatan jika dikelola dengan baik. Namun sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik maka heteroginitas etnis bisa menjadi persoalan pelik yang bisa menggerogoti sendi-sendi nasionalisme sebuah negara. (Baca juga: Suku-Suku Tertua di Indonesia, Apa Saja?)

Lalu negara mana saja yang memiliki tingkat keragaman etnis banyak banyak? Berikut 10 negara dengan etnis paling plural di dunia. (Baca juga: Daftar Etnis dan Suku Bangsa Tanpa Status Kewarganegaraan)

1. Papua Nugini

10 Negara dengan Etnis Paling Beragam di Dunia


Papua Nugini adalah negara yang paling beragam secara linguistik di dunia, sebuah fakta yang berkontribusi pada statusnya sebagai negara dengan keragaman etnis terbanyak di dunia. (Baca juga: Geng di Papua Nugini Serang Desa, 10 Tewas Termasuk Anak-anak)

Ada ribuan kelompok etnis di negara ini, masing-masing dengan bahasa dan kebiasaan mereka. Luar biasanya, ada bahasa-bahasa di Papua Nugini yang tidak memiliki hubungan satu sama lain meskipun memiliki kedekatan geografis.

2. Tanzania

10 Negara dengan Etnis Paling Beragam di Dunia


Lebih dari seratus kelompok etnis tinggal di Tanzania. Banyak dari kelompok ini berbicara bahasa unik mereka. Selain itu, beberapa penduduk asing tinggal di Tanzania, banyak dari mereka berasal dari bagian lain Afrika, Asia dan Eropa. Populasi Tanzania adalah 55.572.201. (Lihat grafis: Peneliti Temukan Planet yang Diprediksi Layak Huni Serupa Bumi)

3. Republik Demokratik Kongo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)