Dua Rudal Rusia Hantam Pusat Perbelanjaan di Kremenchuk

Selasa, 28 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
Dua Rudal Rusia Hantam Pusat Perbelanjaan di Kremenchuk
Dua Rudal Rusia Hantam Pusat Perbelanjaan di Kremenchuk. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan, Rusia berusaha memotong jalur ke kota Lysychansk dari selatan. Pesawat-pesawat perang Rusia juga menyerang di dekat kota itu.

Pasukan Rusia dilaporkan telah memasuki Lysychansk pada Minggu (26/6/2022). Namun, laporan itu tidak dapat dikonfirmasi oleh Reuters.



Dua rudal Rusia juga dilaporkan menghantam pusat perbelanjaan di pusat kota Kremenchuk, tenggara Kiev, menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai 40 lainnya, kata pejabat senior Ukraina.

"Tidak ada gunanya mengharapkan kesopanan dan kemanusiaan dari Rusia," tulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Telegram. Rusia tidak segera mengomentari tuduhan Ukraina.

Seorang reporter Reuters di Kremenchuk melihat sekam hangus dari pusat perbelanjaan dengan atap yang runtuh. Petugas pemadam kebakaran dan tentara mengeluarkan logam yang hancur dan puing-puing lainnya saat mereka mencari korban selamat.

Dmytro Lunin, gubernur regional, mengatakan, tidak mungkin banyak orang yang selamat akan ditemukan di puing-puing, karena "itu adalah kebakaran besar dan ada banyak asap".



“Tidak ada target militer di dekatnya yang bisa menjadi sasaran Rusia. Ini adalah tindakan terorisme terhadap warga sipil," kata Lunin.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, serangan itu "menyedihkan". Sementara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyebut serangan itu sebagai serangan "terbaru dalam serangkaian kekejaman".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)