Inilah 3 Sekutu Turki Utsmani di Perang Dunia Pertama

Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:53 WIB
loading...
A A A
Austria-Hungaria merupakan salah satu negara utama yang terlibat dalam Perang Dunia I. Mereka tergabung dalam Blok Sentral bersama Jerman dan Turki Utsmani.

Dikutip dari History Crunch, awalnya Austria-Hungaria merupakan anggota Triple Alliance bersama Jerman dan Italia. Pada awal perang dunia pertama tahun 1914, mereka bergabung dengan Ottoman dan Jerman untuk membentuk Blok Sentral.

Sebelumnya, Franz Ferdinand merupakan adipati agung Austria-Hungaria. Dia bersama istrinya dibunuh pada 28 Juni 1914 di Sarajevo. Pihak berwenang Austria dalam hal ini menyalahkan Serbia atas pembunuhan tersebut.



Austria-Hungaria memberi ultimatum kepada Serbia. Namun, Serbia marah dan meminta bantuan dari Rusia. Akhirnya, pecahlah perang dunia I. Kala itu, Austria-Hungaria memiliki 3 Juta tentara.

Dalam tugasnya, Austria-Hungaria adalah salah satu kekuatan utama yang berperang di Front Italia, Front Serbia, dan Front Timur.

3. Bulgaria

Bulgaria juga menjadi sekutu Turki Utsmani di Perang Dunia I. Negara ini mulai berpartisipasi pada 14 Oktober 1915. Dalam tugasnya, mereka bertempur di wilayah pertempuran Balkan.

Dikutip dari History Crunch, sama halnya dengan Ottoman, pada awalnya Bulgaria adalah negara netral. Bulgaria sendiri sedang dalam masa transisi setelah menghadapi Perang Balkan.

Atas tekanan dari negara-negara Eropa, akhirnya Bulgaria memasuki Perang Dunia I dan bergabung dengan Blok Sentral. Selama PD 1, Pasukan Bulgaria dipimpin oleh panglima Nikola Zhekov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)