Inilah 3 Sekutu Turki Utsmani di Perang Dunia Pertama

Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:53 WIB
loading...
Inilah 3 Sekutu Turki Utsmani di Perang Dunia Pertama
Turki Utsmani tergabung dalam Blok Sentral bersama Jerman, Austria-Hongaria, dan Bulgaria pada Perang Dunia I. Foto/TRT World
A A A
JAKARTA - Turki Utsmani menjadi salah satu kontributor utama dalam Perang Dunia I . Ottoman tergabung dalam Blok Sentral bersama sekutu-sekutunya. Tentara Turki Utsmani bertempur di wilayah Balkan dan Timur Tengah .

Dalam sejarahnya, Perang Dunia I meletus pada tahun 1914. Singkatnya, konflik tersebut terjadi setelah terjadinya peristiwa pembunuhan Adipati Agung Austria, Franz Ferdinand yang memunculkan sederet konflik lain diantara bangsa Eropa.

Turki Utsmani sendiri yang tergabung dalam Blok Sentral bertempur melawan Blok Sekutu. Lantas, siapa sajakah sekutu Ottoman di Perang Dunia I? Berikut beberapa diantaranya.

1. Jerman

Pada awalnya, Turki Utsmani menyatakan netral dan tidak memihak pada blok sekutu maupun blok sentral. Hanya saja, pemerintah Ottoman kala itu ingin mendapatkan keuntungan dari perang tersebut.

Dikutip dari situs History, mereka akhirnya menyetujui pembentukan aliansi Utsmaniyah-Jerman secara rahasia pada 30 Juli 1914. Sebagai bagian dari perjanjian, Jerman menawarkan Turki Utsmani dua buah kapal angkatan laut (SMS Goeben dan SMS Breslau). Kapal ini menandakan masuknya Kekaisaran Ottoman ke dalam Perang Dunia I.

Baca juga: Besaran Utang Turki Utsmani ke Negara Barat yang Membuatnya Bangkrut

Lebih lanjut, aliansi Jerman-Turki Utsmani ini dibuat sebagai bagian dari upaya kerjasama yang akan memperkuat dan memodernisasi militer Ottoman yang sedang terpuruk. Selain itu, langkah ini juga bisa memuluskan jalan Jerman ke koloni-koloninya.

Dikutip dari Military History, Jerman diketahui sangat antusias untuk beraliansi dengan Ottoman. Dalam hal ini, keduanya bisa sama-sama mendapat keuntungan. Turki Utsmani bisa memperkuat hubungan Kesultanan Utsmaniyah dengan industri Eropa. Sedangkan Jerman memiliki akses yang lebih mudah ke koloni-koloni Afrikanya.

2. Austria-Hungaria
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1342 seconds (10.101#12.26)