Dituding Paus Mungkin Telah Memprovokasi Rusia, Ini Pembelaan Sekjen NATO

Jum'at, 17 Juni 2022 - 05:46 WIB
loading...
A A A
Dia menyarankan bahwa di masa depan kelompok pasukan akan dibebankan sebagai perencanaan untuk membela negara-negara tertentu, daripada bertugas lebih umum, yang katanya akan membuat waktu respon lebih cepat.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara dengan outlet media Jesuit yang diterbitkan pada hari Selasa lalu, sambil dengan tajam mengkritik invasi Rusia, Paus Fransiskus juga bersikeras tidak ada “orang baik dan orang jahat” dan Rusia dalam beberapa hal diprovokasi oleh ekspansi NATO ke timur.

“Seseorang mungkin mengatakan pada titik ini: ‘Tetapi Anda mendukung Putin!’ Tidak, saya tidak,” kata Paus Francis.

“Akan sangat sederhana dan salah untuk mengatakan hal seperti itu. Saya hanya menentang pengurangan kompleksitas menjadi perbedaan antara yang baik dan yang buruk, tanpa memikirkan akar dan kepentingan, yang sangat kompleks. Sementara kita melihat keganasan, kekejaman pasukan Rusia, kita tidak boleh melupakan masalah untuk mencoba menyelesaikannya,” tuturnya.

Ini adalah keduanya kalinya Paus Fransiskus menyatakan NATO mungkin telah memprovokasi Rusia atas krisis di Ukraina. Sebelumnya, pernyataan yang sama juga pernah dilontarkannya pada bulan Mei lalu.


(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)