Bantah Dukung Putin, Paus Fransiskus Kecam Keganasan dan Kekejaman Rusia

Selasa, 14 Juni 2022 - 23:03 WIB
loading...
Bantah Dukung Putin, Paus Fransiskus Kecam Keganasan dan Kekejaman Rusia
Paus Fransiskus mengecam keganasan dan kekejaman tentara Rusia di Ukraina. Foto/rferl.org
A A A
ROMA - Paus Fransiskus mengecam keganasan dan kekejaman pasukan Rusia di Ukraina sambil memuji kepahlawanan dan keberanian orang Ukraina untuk mempertahankan tanah mereka.

Paus Fransiskus membuat beberapa pernyataan yang paling terkait perang di Ukraina dalam pertemuannya dengan editor Eropa jurnal Jesuit bulan lalu. Kutipan pernyataannya diterbitkan pada Selasa (14/6/2022) di harian Italia La Stampa dan Avvenire.

Sambil dengan tajam mengkritik invasi Rusia, Paus Fransiskus juga bersikeras tidak ada “orang baik dan orang jahat” dan Rusia dalam beberapa hal diprovokasi oleh ekspansi NATO ke timur.

“Seseorang mungkin mengatakan pada titik ini: ‘Tetapi Anda mendukung Putin!’ Tidak, saya tidak,” kata Paus Francis.

Baca juga: Artileri Rusia Hujani Sievierodonetsk, Warga Ngumpet di Pabrik Kimia

“Akan sangat sederhana dan salah untuk mengatakan hal seperti itu. Saya hanya menentang pengurangan kompleksitas menjadi perbedaan antara yang baik dan yang buruk, tanpa memikirkan akar dan kepentingan, yang sangat kompleks. Sementara kita melihat keganasan, kekejaman pasukan Rusia, kita tidak boleh melupakan masalah untuk mencoba menyelesaikannya,” tuturnya seperti dikutip dari AP.

Dalam wawancara tersebut, Paus Fransiskus mengkonfirmasi bahwa dia berharap untuk bertemu dengan pemimpin Gereja Ortodoks Rusia Patriark Kirill, yang telah membenarkan perang, ketika keduanya akan menghadiri pertemuan antaragama di Kazakhstan pada pertengahan September.

Diungkapkan oleh Paus Fransiskus pertemuan yang direncanakan pada bulan Juni dibatalkan oleh kedua belah pihak.

“Agar dialog kita tidak disalahpahami,” kata Paus.

Baca juga: Pemimpin Donetsk: Tak Ada Alasan Ampuni Tentara Bayaran
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1929 seconds (11.210#12.26)