Menguak Misteri Pesawat Hantu Terbang di Atas 6 Negara NATO

Minggu, 12 Juni 2022 - 00:15 WIB
loading...
Menguak Misteri Pesawat Hantu Terbang di Atas 6 Negara NATO
Pesawat asal Lithuania diduga terkait penerbangan pesawat hantu yang ilegal dan hingga kini masih misterius, melintasi 6 negara NATO. Foto/Facebook/Bronius Zaronskis
A A A
SOFIA - Satu pesawat tak dikenal yang terlihat terbang keluar dari Lituania diizinkan melintasi wilayah udara beberapa anggota NATO lainnya tanpa hambatan sebelum mendarat di Bulgaria.

Penerbangan ilegal itu masih membingungkan para pejabat penerbangan di seluruh benua itu.

Meskipun jet tempur dikerahkan untuk mengawal pesawat misterius itu, awaknya dapat melarikan diri dari tempat kejadian dan mereka tetap tidak teridentifikasi.

Baca juga: Ukraina Akui Kalah Perang Artileri Lawan Rusia Meski Tembakkan 6.000 Bom Sehari

Setelah berangkat dari lokasi yang belum diungkapkan secara resmi di Lithuania pada Rabu (8/6/2022), pesawat tersebut melakukan perjalanan melintasi Hungaria, Polandia, Slovakia, Serbia, dan Rumania yang semua negara NATO, selain Beograd.

Baca juga: Ajudan Zelensky: Hari Tak Biasa, 600 Tentara Ukraina Terbunuh dalam Sehari

Pesawat itu akhirnya mendarat di lapangan terbang yang ditinggalkan di Bulgaria, menurut pejabat Eropa dan laporan media.

Pesawat itu kemudian ditemukan ditinggalkan tanpa tanda-tanda awak, meskipun mesinnya dilaporkan masih hangat ketika ditemukan.

Sementara para pejabat di beberapa negara memantau dengan cermat penerbangan hantu itu, dengan angkatan udara AS, Hungaria, dan Rumania mengirim jet militer untuk mengikuti pesawat itu di berbagai titik, pengawalan terhenti ketika memasuki wilayah udara Bulgaria.

Pesawat baling-baling kecil itu tidak memiliki transponder dan menolak menanggapi panggilan radio, tetapi pejabat Bulgaria tetap memutuskan pesawat itu tidak menimbulkan ancaman, meskipun alarm jelas dipicu di beberapa negara tetangga.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4049 seconds (11.97#12.26)