3 Diktator Rusia Paling Kejam Sepanjang Sejarah, Jutaan Nyawa Jadi Korban

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:24 WIB
loading...
3 Diktator Rusia Paling Kejam Sepanjang Sejarah, Jutaan Nyawa Jadi Korban
Pendukung Partai Komunis Rusia mengusung poster Joseph Stalin dalam peringatan Revolusi Bolshevik. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Dalam sejarahnya, Rusia pernah dipimpin beberapa diktator paling kejam. Demi mewujudkan keinginannya, mereka tak segan untuk melakukan kekerasan, penyiksaan, dan bahkan pembunuhan dalam skala besar.

Tak sampai di situ, pemerintahan otoriter yang dijalankan juga selalu meneror warganya dengan penindasan dan intimidasi. Hal itu dilakukan agar mereka tetap tunduk pada pemimpinnya.

Berikut tiga diktator Rusia paling kejam dari era Kekaisaran Rusia hingga Uni Soviet:

1. Joseph Stalin

Joseph Vissarionovich Stalin dikenal sebagai salah satu diktator paling kejam. Diktator kelahiran 18 Desember 1878 ini dikenal sebagai sosok pemimpin berdarah dingin. Nama “Stalin” sendiri diambil dari bahasa Rusia yang berarti “Manusia Baja”.

Di balik matanya yang terlihat hambar, sosoknya tak ragu untuk melakukan pembunuhan massal demi mewujudkan ambisinya untuk mendominasi dunia.



Dalam kepemimpinan Stalin, sebenarnya Uni Soviet telah berhasil diubah menjadi negara adidaya industri dan militer. Hanya saja, dia memerintah dengan teror. Tercatat, jutaan warganya sendiri tewas selama pemerintahannya yang brutal.

Stalin lahir dari keluarga miskin di Gori, Georgia. Dalam sepak terjangnya, dia bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia berhaluan Marxis, sampai pada akhirnya menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet pada 1922.

Setelah pendahulunya, Vladimir Lenin, meninggal, Stalin mulai mengonsolidasi kekuasaan untuk menjadi diktator pada 1930-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)