Iran Sita 2 Kapal Tanker Yunani, Athena Protes Pembajakan

Sabtu, 28 Mei 2022 - 02:39 WIB
loading...
Iran Sita 2 Kapal Tanker Yunani, Athena Protes Pembajakan
Kapal tanker Delta Poseidon ditahan pasukan Garda Revolusi Iran. Foto/balticshipping.com
A A A
TEHERAN - Pasukan Iran menyita dua kapal tanker Yunani di Teluk pada Jumat (27/5/2022). Media pemerintah Iran melaporkan tak lama setelah Teheran memperingatkan akan mengambil "tindakan hukuman" terhadap Athena atas penyitaan minyak Iran oleh Amerika Serikat (AS) dari satu kapal tanker yang ditahan di lepas pantai Yunani.

“Angkatan Laut Garda Revolusi hari ini menangkap dua kapal tanker Yunani karena pelanggaran di perairan Teluk,” ungkap pernyataan Garda Revolusi Iran, yang dikutip kantor berita negara Iran, IRNA.

Garda Revolusi tidak memberikan rincian lebih lanjut atau mengatakan apa dugaan pelanggaran itu.



Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Yunani mengatakan pihaknya membuat langkah tegas kepada Duta Besar Iran di Athena atas "pengambilalihan dengan kekerasan atas dua kapal berbendera Yunani" di Teluk Arab.



"Tindakan ini sama saja dengan tindakan pembajakan," tegas Kemlu Yunani, memperingatkan warga Yunani untuk menghindari bepergian ke Iran.

Kemlu Yunani menyerukan pembebasan segera kapal dan awaknya, dan mengatakan tindakan ini akan memiliki "konsekuensi negatif khususnya" dalam hubungan bilateral dan dalam hubungan Iran dengan Uni Eropa (UE), di mana Yunani adalah anggotanya.

Pernyataan Kemlu Yunani mengatakan bahwa Jumat sebelumnya, satu helikopter Iran mendarat di Delta Poseidon berbendera Yunani di perairan internasional sekitar 22 mil laut di lepas pantai Iran.

"Orang-orang bersenjata kemudian mengambil tawanan kru," papar Kemlu Yunani, menambahkan dua warga negara Yunani termasuk di antara kru kapal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0671 seconds (0.1#10.140)