Jet F-18 AS Dipinjam untuk Film Top Gun Tom Cruise, Sejam Rp165,5 Juta

Jum'at, 27 Mei 2022 - 13:34 WIB
loading...
Jet F-18 AS Dipinjam untuk Film Top Gun Tom Cruise, Sejam Rp165,5 Juta
Jet tempur F/A-18 Super Hornet Angkatan Laut AS dipakai untuk film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise. Foto/Task and Purpose
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) meminjamkan jet tempur F/A-18 Super Hornet untuk film "Top Gun" terbaru yang dibintangi Tom Cruise. Biayanya, USD11.374 atau lebih dari Rp165,5 juta per jam.

Bintang "Mission Impossible", yang terkenal karena melakukan aksinya sendiri, bersikeras bahwa semua aktor yang memerankan pilot dalam film "Top Gun: Maverick" yang telah lama tertunda terbang di salah satu jet tempur yang dibuat oleh Boeing Company tersebut.

Sehingga, kata Tom Cruise, mereka dapat memahami apa yang sebenarnya terjadi, seperti menjadi pilot yang beroperasi di bawah tekanan gaya gravitasi yang sangat besar.



Tom Cruise (59), juga pernah menerbangkan jet tempur untuk film "Top Gun" sebelumnya, yang sukses besar pada 1986.

Aktor itu akhirnya menerbangkan lebih dari selusin serangan mendadak untuk film baru.

Namun, kepala kantor media Pentagon; Glen Roberts, mengatakan peraturan Pentagon melarang personel non-militer mengendalikan aset Departemen Pertahanan selain senjata ringan dalam skenario pelatihan.

Sebaliknya, para aktor mengendarai di belakang pilot F/A-18 setelah menyelesaikan pelatihan yang diperlukan tentang cara keluar dari pesawat dalam keadaan darurat dan cara bertahan hidup di laut.

Roberts mengatakan Angkatan Laut mengizinkan produksi untuk menggunakan pesawat, kapal induk dan pangkalan militer meskipun dia mengatakan pilot "Top Gun" yang sebenarnya bukanlah pelanggar aturan yang digambarkan dalam film, orang-orang yang "tidak akan pernah ada dalam penerbangan Angkatan Laut".

Sebaliknya, mereka kutu buku udara rajin yang bekerja keras selama berjam-jam di kelas dan berpartisipasi dalam penerbangan pelatihan intensif di Naval Air Station Fallon di Nevada.

"Sebuah film tidak harus menjadi surat cinta untuk militer untuk memenangkan kerjasama Pentagon," kata Roberts, seperti dikutip Bloomberg, Jumat (27/5/2022).

"Tapi itu perlu menjunjung tinggi integritas militer."

Roberts menambahkan, pembuat film perlu memiliki dana dan distribusi untuk proyek mereka dan bersedia menyerahkan naskah mereka untuk tinjauan militer.

Meskipun Pentagon dapat meminta perubahan, Roberts mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya film "Top Gun: Maverick".

Roberts mengatakan bahwa selama bertahun-tahun bekerja untuk kantor media Pentagon, dia belum pernah melihat tingkat kegembiraan yang dihasilkan di sekitar film tersebut.

Film ini diperkirakan akan menghasilkan USD100 juta pada pembukaan domestik pertamanya.

Itu bisa menghasilkan sekitar USD130 juta dalam penjualan tiket AS dan Kanada selama akhir pekan, tidak termasuk liburan Memorial Day. Angka itu menurut perkiraan dari Boxoffice Pro.

Itu akan menjadikannya salah satu film terbesar dalam dua tahun terakhir.

Paramount Pictures mengatakan dalam catatan produksi untuk film tersebut bahwa Cruise menciptakan program pelatihan penerbangannya sendiri yang menuntut untuk aktor muda film tersebut sehingga mereka dapat menahan kerasnya manuver udara yang menyebabkan mual dan melakukan peran mereka dengan pilot Angkatan Laut yang nyata.

Film ini akan dirilis minggu ini setelah penundaan karena pandemi virus corona.

Adegan diambil di atas kapal induk USS Abraham Lincoln pada Agustus 2018 selama latihan yang melibatkan jet tempur siluman F-35C Lightning II militer.

Produksi juga difilmkan di Naval Air Station Lemoore di Central California.

Roberts mengatakan Super Hornet, sebuah jet yang dikenal sebagai "Rhino", mendapat bayaran tertinggi dalam film tersebut dibandingkan F-35C yang lebih canggih yang dibuat oleh Lockheed Martin Corporation karena itulah yang diminta oleh naskah film tersebut.

Dia juga mencatat bahwa F-35 adalah pesawat satu kursi, sehingga para aktor tidak bisa mengendarainya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)