Terungkap, China Tawarkan Perdagangan Bebas dan Keamanan dengan Negara Pasifik

Rabu, 25 Mei 2022 - 22:13 WIB
loading...
Terungkap, China Tawarkan Perdagangan Bebas dan Keamanan dengan Negara Pasifik
Sebuah dokumen mengungkapkan bahwa China menawarkan perdagangan bebas dan keamanan kepada negara-negara Pasifik selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China telah mengajukan rencana untuk secara dramatis memperluas kerja sama keamanan dan ekonomi dengan negara-negara Pasifik Selatan, dengan seorang pemimpin regional menyebutnya sebagai upaya terselubung untuk mengunci mereka ke dalam “orbit Beijing.”

Rancangan perjanjian yang luas dan rencana lima tahun, keduanya diperoleh AFP pada Rabu (25/5/2022), akan menjadi bahan diskusi ketika Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengunjungi negara-negara Pasifik mulai Kamis ini.

Rancangan ini akan menawarkan sepuluh negara pulau kecil jutaan dolar bantuan China, prospek perjanjian perdagangan bebas China-Kepulauan Pasifik dan akses ke pasar China yang menguntungkan bagi 1,4 miliar orang.

Sebagai imbalannya, China akan melatih polisi setempat, terlibat dalam keamanan siber lokal, memperluas hubungan politik, melakukan pemetaan laut yang sensitif, dan mendapatkan akses yang lebih besar ke sumber daya alam lokal.



“Visi pembangunan komprehensif” diyakini akan disetujui ketika Wang bertemu dengan menteri luar negeri regional pada 30 Mei di Fiji.

Tapi itu sudah meningkatkan alarm di ibu kota regional.

Dalam sepucuk surat yang gamblang kepada sesama pemimpin Pasifik, Presiden Negara Federasi Mikronesia David Panuelo memperingatkan bahwa perjanjian itu tampak “menarik” pada pandangan pertama, tetapi akan memungkinkan China untuk memperoleh akses dan kendali atas wilayah kita.

Menyebut proposal itu “tidak jujur”, Panuelo mengatakan mereka akan “memastikan pengaruh China di pemerintahan,” “kontrol ekonomi” China terhadap industri-industri utama dan memungkinkan “pengawasan massal” terhadap panggilan telepon dan email lokal seperti dikutip dari Al Arabiya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)