Media Ungkap Rencana Militer AS di Arktik Bernilai Miliaran Dolar

Selasa, 24 Mei 2022 - 06:58 WIB
loading...
Media Ungkap Rencana Militer AS di Arktik Bernilai Miliaran Dolar
Jet tempur CF-18 Hornet milik Angkatan Udara Kanada berada di Pangkalan Udara Thule, Greenland, 16 Maret 2022. Foto/Royal Canadian Air Force
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana menginvestasikan miliaran dolar pada pertahanan Arktik termasuk memodernisasi Pangkalan Udara Thule di Greenland.

Surat kabar Denmark Berlingske melaporkan hal itu pada Senin (23/5/2022), mengutip laporan militer Amerika.

“Baik Denmark maupun Greenland tidak diberitahu tentang rencana tersebut,” papar klaim Berlingske.



Menurut outlet tersebut, Washington telah memberikan lampu hijau untuk “investasi signifikan” ke pos terdepan paling utara di tengah, dengan dalih apa yang disebutnya, perilaku “semakin agresif” dari Rusia.



Mengutip pernyataan dari Angkatan Udara AS, Berlinske menulis uang itu akan digunakan untuk meningkatkan infrastruktur yang sudah tua di Thule.



Tidak ada rincian lebih lanjut tentang masalah ini yang diberikan dan kedutaan besar (kedubes) Amerika di Kopenhagen dilaporkan menolak menjelaskan lebih lanjut.

Rencana tersebut, klaim Berlingske, mengejutkan parlemen Denmark dan pemerintah Greenland, karena AS seharusnya “berkonsultasi dan menginformasikan” keduanya mengenai setiap perubahan signifikan pada operasi militernya di Greenland, wilayah otonom Denmark.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)