Kim Jong-un Ikut Angkat Peti Mati di Pemakaman Perwira Militer Korut

Selasa, 24 Mei 2022 - 03:30 WIB
loading...
Kim Jong-un Ikut Angkat Peti Mati di Pemakaman Perwira Militer Korut
Kim Jong-un Ikut Angkat Peti Mati di Pemakaman Perwira Militer Korut. FOTO/KCNA
A A A
PYONGYANG - Pemandangan yang jarang terjadi terhampar dalam prosesi pemakaman seorang perwira militer Korea Utara (Korut). Pemimpin Korut Kim Jong-un yang tidak mengenakan masker, menjadi salah satu pengusung jenazah di pemakaman kenegaraan untuk seorang perwira tinggi militer, media pemerintah Korea Utara melaporkan, Senin (23/5/2022).

Jong-un pada Minggu (22/5/2022) menghadiri pemakaman Hyon Chol Hae, seorang marshal Tentara Rakyat Korea yang dilaporkan membimbing pemimpin Korea Utara untuk mengambil alih dari ayahnya Kim Jong Il.

Baca: Korut Laporkan 186 Ribu Kasus Baru yang Diduga Covid-19

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi merilis foto Kim, tidak mengenakan masker, mengangkat peti mati Hyon bersama dengan pejabat rezim lainnya, yang bertopeng. Hyon meninggal karena kegagalan beberapa organ pada usia 87, menurut laporan KCNA.

Pemimpin Korea Utara telah menempatkan dirinya di depan publik dan di tengah tanggapan Covid negaranya, menyalahkan pejabat negara yang malas karena memperburuk wabah berbahan bakar varian Omicron.

Selama akhir pekan, KCNA mengatakan epidemi itu sekarang "dikendalikan secara stabil", dan melaporkan jumlah kematian "menurun tajam dari hari ke hari".



Para ahli mempertanyakan klaim dan penghitungan resmi, mengingat negara miskin itu memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terburuk di dunia dan tidak ada obat Covid-19 atau kemampuan pengujian massal.

Baca: Biden Tawarkan Kirim Vaksin Covid-19 ke Korut, Pyongyang Tak Merespon

Sebelumnya, Korut telah menolak suplai vaksin yang ditawarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Korea Utara mengumumkan kasus virus corona pertamanya pada 12 Mei, meskipun blokade dua tahun dipertahankan sejak awal pandemi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1001 seconds (10.101#12.26)