Inggris Konfirmasi Penularan Lokal Virus Cacar Monyet

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:20 WIB
loading...
Inggris Konfirmasi Penularan Lokal Virus Cacar Monyet
Inggris Konfirmasi Penularan Lokal Virus Cacar Monyet. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Inggris menemukan infeksi harian virus cacar monyet yang langka dan tidak ada hubungannya dengan perjalanan seseorang ke Afrika Barat, tempat penyakit itu endemik. Hal tersebut diungkapkan seorang pejabat kesehatan, Minggu (22/5/2022).

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan, angka baru akan dirilis pada Senin (23/5/2022), setelah mencatat 20 kasus pada hari Jumat.



Ketika ditanya apakah penularan komunitas sekarang menjadi norma di Inggris, Kepala Penasihat Medis UKHSA, Susan Hopkins mengatakan, "benar".

"Kami menemukan kasus yang tidak teridentifikasi kontak dengan individu dari Afrika Barat, yang telah kami lihat sebelumnya di negara ini," katanya kepada televisi BBC. “Kami mendeteksi lebih banyak kasus setiap hari,” lanjutnya.

Hopkins menolak untuk mengkonfirmasi laporan bahwa satu orang berada dalam perawatan intensif, tetapi mengatakan wabah itu terkonsentrasi di daerah perkotaan, di antara pria gay atau biseksual.

"Risiko populasi umum tetap sangat rendah saat ini, dan saya pikir orang perlu waspada terhadapnya," katanya. Ia juga menambahkan bahwa untuk kebanyakan orang dewasa, gejalanya akan "relatif ringan."



Kasus Inggris pertama diumumkan pada 7 Mei, pada pasien yang baru saja bepergian ke Nigeria. Penyakit ini juga menyebar di Eropa dan Amerika Utara.

Cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak dengan lesi kulit dan tetesan orang yang terkontaminasi, serta barang-barang bersama seperti tempat tidur dan handuk. Gejalanya meliputi demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, kelelahan, dan ruam seperti cacar air di tangan dan wajah. Mereka biasanya hilang setelah dua hingga empat minggu.

Tidak ada pengobatan khusus tetapi vaksinasi terhadap cacar telah ditemukan sekitar 85 persen efektif dalam mencegah cacar monyet. Sekretaris Pendidikan Nadhim Zahawi mengatakan pemerintah Inggris sudah mulai membeli stok vaksin cacar. “Kami menganggapnya sangat, sangat serius,” katanya kepada BBC.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)