Gelombang Panas Hantam Spanyol, Suhu Bisa Capai 40 Derajat Celcius!

Minggu, 22 Mei 2022 - 13:28 WIB
loading...
Gelombang Panas Hantam Spanyol, Suhu Bisa Capai 40 Derajat Celcius!
Gelombang panas hantam Spanyol, suhu bisa capai 40 derajat Celcius. Foto/Daily Mail
A A A
MADRID - Beberapa wilayah di Spanyol mengalami bulan Mei terpanas dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius di beberapa tempat. Hal itu diungkapkan badan cuaca Spanyol, AEMET.

Badan tersebut mengeluarkan peringatan cuaca panas di 10 wilayah untuk hari Sabtu, dengan mengatakan itu bisa menjadi salah satu gelombang panas paling intens dalam beberapa tahun.

Kota Jaen di Spanyol selatan mencatat suhu tertinggi di bulan Mei mencapai 40 derajat Celcius pada hari Jumat.

Perubahan iklim membuat gelombang panas lebih sering dan lebih intens.

Baca juga: Panas Ekstrem Tewaskan 25 Orang di Negara Bagian Maharashtra India

Cuaca musim semi yang hangat di Spanyol adalah akibat dari udara panas yang datang dari Afrika Utara, menyebabkan suhu naik hingga 15 derajat Celcius di atas rata-rata untuk sepanjang tahun ini.

Daerah yang paling parah terkena adalah Andalusia di selatan, Extremadura di barat daya, Madrid dan Castilla La Mancha di tengah serta Aragon di timur laut.

Kementerian Kesehatan Spanyol mendesak warga untuk minum banyak air dan tinggal di tempat yang sejuk jika memungkinkan. Ia juga menyarankan masyarakat untuk mengurangi aktivitas fisik.

"Tahun ini tampaknya langsung menuju musim panas, tetapi kami harus terus berjalan," kata penyapu jalan Madrid, Rocio Vazquez (58) kepada kantor berita Reuters yang dinukil BBC, Minggu (22/5/2022).

Para turis pun merasakan panasnya suhu di Spanyol.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1906 seconds (11.210#12.26)