Panas Ekstrem Tewaskan 25 Orang di Negara Bagian Maharashtra India

Rabu, 04 Mei 2022 - 08:41 WIB
loading...
Panas Ekstrem Tewaskan 25 Orang di Negara Bagian Maharashtra India
Panas Ekstrem Tewaskan 25 Orang di Negara Bagian Maharashtra India. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Negara bagian Maharashtra di India barat telah mencatat 25 kematian akibat serangan panas sejak akhir Maret, jumlah korban tertinggi dalam lima tahun terakhir. Lebih banyak kematian kemungkinan terjadi di tempat lain di negara yang bersuhu lebih dari 40 derajat Celcius.

Para ilmuwan telah menghubungkan awal musim panas yang intens dengan perubahan iklim, dan mengatakan lebih dari satu miliar orang di India dan negara tetangga Pakistan dalam beberapa hal rentan terhadap panas yang ekstrem.



Dengan turunnya hujan monsun yang diperkirakan hanya akan terjadi bulan depan dan semakin seringnya pemadaman listrik di beberapa bagian India, bahkan rumah tangga yang mampu membeli AC akan memiliki sedikit waktu istirahat selama beberapa minggu ke depan.

Banyak kematian di Maharashtra terjadi di daerah pedesaan di negara bagian terkaya di India. "Ini diduga kematian akibat serangan panas," Pradeep Awate, seorang pejabat kesehatan Maharashtra, mengatakan kepada Reuters.

India adalah produsen gandum terbesar kedua di dunia, tetapi panas akan membuat panen tahun ini menyusut, setelah lima tahun berturut-turut mencatat rekor panen.

Ketika permintaan listrik melonjak, perusahaan pembangkit menghadapi kekurangan besar-besaran batu bara dan pemerintah memohon kepada mereka untuk meningkatkan impor.



India mencatat Maret terpanasnya dalam lebih dari satu abad, dengan suhu maksimum di seluruh negeri naik menjadi 33,1 derajat Celcius, hampir 1,86 derajat di atas normal, menurut Departemen Meteorologi India. Banyak bagian utara, barat, dan timur India mengalami suhu melonjak melewati 40C bulan lalu.

Di negara bagian Odisha timur, pihak berwenang mengatakan seorang pria berusia 64 tahun meninggal karena serangan panas pada 25 April dan ratusan lainnya telah diberikan perawatan medis.

Di Subarnapur, distrik terpanas Odisha, suhu tertinggi 43,2 derajat Celcius tercatat pada hari Selasa. "Panas sekali," kata warga Subarnapur, Mohana Mahakur. "Kipas, pendingin udara - tidak ada yang berfungsi," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)