Erdogan Sebut Swedia Sarang Teroris, Ancam Veto Upaya Gabung NATO

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:01 WIB
loading...
Erdogan Sebut Swedia Sarang Teroris, Ancam Veto Upaya Gabung NATO
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/twitter
A A A
ANKARA - Turki bertekad memblokir aplikasi Swedia dan Finlandia untuk bergabung NATO kecuali masalah keamanan negara itu ditangani.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan hal itu dengan menyebut Swedia sebagai sarang teroris.

"NATO adalah organisasi keamanan. Kami tidak dapat menerima kehadiran organisasi teroris di dalamnya," tegas Erdogan, berbicara kepada para mahasiswa di Perpustakaan Kepresidenan di Ankara, Kamis (19/5/2022), dilansir Sputnik.



Mencirikan Swedia sebagai "sarang teroris," Erdogan menekankan, "NATO membutuhkan kebulatan pendapat yang lengkap, dan jika satu negara mengatakan 'tidak', mereka tidak dapat bergabung dengan NATO."



"Saya merasa berguna untuk mengevaluasi masalah NATO. Seperti yang Anda tahu ... Swedia, Finlandia, negara-negara ini menjadi tuan rumah pusat teroris di negara mereka sendiri," ujar presiden Turki itu.



Dia menunjuk secara khusus dugaan kehadiran organisasi PKK dan YPG, partai politik dan pasukan milisi Kurdi Turki dan Suriah yang oleh Ankara diklasifikasikan sebagai kelompok teroris di negara-negara Nordik.

"Ini adalah negara-negara yang mendorong sumber terorisme di negara saya, yang memberi mereka dukungan akhir dan senjata yang serius," ungkap Erdogan.

Presiden Turki juga mengomentari hal-hal lain, termasuk krisis di Ukraina dan ketergantungan Turki pada energi Rusia.

“Ankara tidak dapat menolak pasokan gas Rusia,” papar Erdogan, menyebut masalah itu sebagai "masalah strategis."

“Kami memiliki hubungan dengan kedua belah pihak (Rusia dan Ukraina). Kami memiliki proyek pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu dengan Rusia. Kami akan menyelesaikan proyek ini dan membukanya tahun depan. Ini adalah sumber energi yang sangat serius bagi kami. Kami mendapatkan 50 persen dari gas yang kami konsumsi dari Rusia. Ini adalah masalah strategis, hubungan strategis. Kami tidak dapat mengabaikan atau menghancurkannya," ujar dia.

Erdogan mengatakan dia akan melanjutkan "diplomasi telepon" dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Zelensky.

Dia menyatakan, "Tidak berniat memutuskan hubungan dengan salah satu pemimpin. Kami akan melanjutkan kebijakan kami; perang dunia baru tidak menguntungkan siapa pun."

Erdogan dan pejabat Turki lainnya telah menghabiskan sepekan terakhir mengancam untuk memblokir tawaran NATO untuk Swedia dan Finlandia atau menahan mereka secara permanen di "ruang tunggu" aliansi.

Turki mengutip dugaan dukungan dua negara itu untuk otonomi dan pasukan pencari kemerdekaan Kurdi.

Pejabat politik di Washington semakin marah dengan gagasan itu, menunjukkan bahwa Ankara dikeluarkan dari aliansi karena kurang ajar.

Turki bukan satu-satunya negara di blok militer 30 anggota yang mengancam akan menolak aksesi Nordik.

Pada Rabu, Presiden Kroasia Zoran Milanovic berjanji menginstruksikan perwakilan tetap Zagreb untuk NATO agar memberikan suara menentang Finlandia dan penerimaan Swedia ke Aliansi Atlantik Utara sampai perselisihan dengan negara tetangga Bosnia mengenai hak suara etnis Kroasia diselesaikan.

Menteri Luar Negeri Kroasia mengecam Milanovic, menuduhnya "merusak" citra Kroasia dengan Barat, dan menyebut proposalnya "pemerasan."

Swedia dan Finlandia secara resmi mengajukan aplikasi keanggotaan NATO mereka pada Rabu.

Pemerintah kedua negara mulai mempertimbangkan masalah ini setelah Rusia memulai operasi militernya di Ukraina pada Februari.

Kedua negara menolak gagasan mengadakan referendum tentang masalah ini.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)