AS Ketir-ketir Korut Akan Uji Rudal Nuklir saat Biden Kunjungi Korsel

Kamis, 19 Mei 2022 - 08:08 WIB
loading...
AS Ketir-ketir Korut Akan Uji Rudal Nuklir saat Biden Kunjungi Korsel
Amerika Serikat cemas bahwa Korea Utara kemungkinan akan menguji coba rudal nuklir selama kunjungan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan. Foto/REUTERS/Denis Balibouse
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) cemas bahwa Korea Utara (Korut) menunjukkan gelagat akan menguji coba rudal nuklir , atau rudal lainnya, atau keduanya.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan manuver itu kemungkinan terjadi sebelum, selama atau setelah kunjungan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan (Korsel).

Kecemasan Sullivan mengutip intelijen Amerika. "Kami sedang mempersiapkan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan bahwa provokasi seperti itu akan terjadi saat kami berada di Korea [Selatan] atau di Jepang," kata Sullivan dalam briefing di Gedung Putih hari Rabu, yang dilansir Reuters pada Kamis (19/5/2022).

Sullivan mengatakan AS berkoordinasi erat dengan Korea Selatan dan Jepang mengenai masalah ini dan juga telah membahas Korea Utara dengan rekannya dari China, Yang Jiechi, dalam panggilan telepon pada hari Rabu.



“Kami telah menunjukkan dengan cukup jelas bahwa intelijen kami mencerminkan kemungkinan asli bahwa akan ada uji coba rudal lebih lanjut, termasuk uji coba rudal jarak jauh, atau uji coba nuklir, atau terus terang keduanya, pada hari-hari menjelang, pada , atau setelah kunjungan presiden ke wilayah tersebut," kata Sullivan.

Dia mengatakan Amerika Serikat siap untuk melakukan penyesuaian jangka pendek dan jangka panjang pada postur militernya. "Sebagaimana diperlukan untuk memastikan bahwa kami memberikan pertahanan dan pencegahan kepada sekutu kami di kawasan itu dan bahwa kami menanggapi setiap provokasi Korea Utara," ujarnya.

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan pada briefing yang sama bahwa Biden tidak akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi Korea Utara dan Korea Selatan selama kunjungannya ke Korea Selatan, yang dimulai pada hari Jumat besok.

Gedung Putih mengatakan pekan lalu Biden sedang mempertimbangkan perjalanan semacam itu.

"Dia tidak akan mengunjungi DMZ...tidak dalam perjalanan ini," kata Jean-Pierre.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)