Australia Didekati Kapal Mata-mata Canggih China, Menhan Dutton Sebut Agresi

Sabtu, 14 Mei 2022 - 00:07 WIB
loading...
Australia Didekati Kapal Mata-mata Canggih China, Menhan Dutton Sebut Agresi
Kapal mata-mata canggih China muncul di lepas pantai Australia. Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton menyebutnya tindakan agresi. Foto/Departemen Pertahanan Australia
A A A
CANBERRA - Sebuah kapal mata-mata canggih China terlacak muncul di lepas pantai Australia Barat. Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton menyebutnya sebagai tindakan agresi.

Kapal itu, pertama kali terlihat seminggu yang lalu, telah terdeteksi di dekat Exmouth di mana stasiun intelijen pusat Australia dan Amerika Serikat bermarkas.

"Ini adalah kapal perang China dengan kemampuan pengumpulan intelijen...ini sangat tidak biasa, kami belum pernah melihat kapal dari Tentara Pembebasan Rakyat datang sejauh ini ke selatan," kata Dutton kepada wartawan di Perth, Jumat (13/5/2022), seperti dikutip news.com.au.

“Tujuannya, tentu saja, adalah untuk mengumpulkan intelijen tepat di sepanjang garis pantai.”

“Saya pikir itu adalah tindakan agresi. Saya pikir terutama karena itu telah datang jauh ke selatan,” katanya lagi.

Baca juga: Dubes China Sebut Pakta Keamanan Solomon Bukan Ancaman bagi Australia

“Untuk sampai sejauh ini ke selatan Exmouth belum pernah terjadi sebelumnya, dan untuk memeluk garis pantai seperti yang dimilikinya. Kami tidak tahu apakah itu menyimpang dan langsung menuju utara, tetapi saat ini sedang menuju ke arah timur laut.”

Dutton mengatakan dia tidak ingin melihat China "terus di jalur agresi".

"Saya ingin menormalkan hubungan kami dengan China, seperti siapa pun," katanya.

“Jika kita percaya bahwa dengan tidak mengatakan apa-apa atau berpura-pura tidak terjadi apa-apa bahwa entah bagaimana masalahnya akan selesai dengan sendirinya, saya hanya tidak berpikir orang telah mempelajari pelajaran sejarah apa pun.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1929 seconds (10.177#12.26)