Meski Kurang Akur, Korsel Tawarkan Vaksin COVID-19 ke Korut

Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:14 WIB
loading...
A A A
Di antara enam orang yang meninggal karena COVID-19, satu pasien dipastikan mengidap BA.2, subvarian dari virus Corona jenis Omicron yang sangat menular.



Media pemerintah Korut juga mengatakan Kim Jong-un mengecam keras situasi tersebut.

"Penyebaran demam secara simultan dengan wilayah ibu kota sebagai pusat menunjukkan bahwa ada titik rentan dalam sistem pencegahan epidemi," kata Kim seperti dikutip dalam laporan bahasa Inggris.

“Sangat penting bagi semua provinsi, kota, dan kabupaten untuk mengunci wilayah mereka untuk mencegah penyebaran virus berbahaya lebih lanjut,” sambungnya.

Kim juga meminta otoritas kesehatan masyarakat untuk mengamati pasien dengan cermat dan mengatur perawatan dan strategi ilmiah, dan untuk memperkuat pasokan obat-obatan.

“Ini adalah tantangan paling penting dan tugas tertinggi yang dihadapi Partai kita untuk membalikkan situasi krisis kesehatan masyarakat yang segera terjadi sedini mungkin, memulihkan stabilitas pencegahan epidemi dan melindungi kesehatan dan kesejahteraan rakyat kita,” katanya.



Dalam pertemuan politbiro, Kim juga terlihat mengenakan masker untuk pertama kalinya di depan umum.

Hubungan Korsel-Korut sendiri tidak bisa dibilang akur. Kedunya terlibat ketegangan terkait uji coba rudal yang dilakukan oleh Korut. Para pejabat kedua negara pun terlibat perang kata-kata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)