Kamis Sore, Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik dari Pyongyang

Kamis, 12 Mei 2022 - 21:56 WIB
loading...
A A A
Dalam beberapa bulan terakhir, Korut telah melakukan uji coba peluncuran rudal yang oleh para ahli disebut sebagai upaya untuk memodernisasi senjatanya serta menekan AS dan sekutunya untuk menerimanya sebagai negara nuklir dan melonggarkan sanksi.

“Penembakan rudal terbaru Korea Utara tampak berlebihan untuk apa yang diperlukan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan militer,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

“Peluncuran ini terlihat seperti unjuk kekuatan setelah rezim Kim secara terbuka mengakui wabah virus Corona,”

Beberapa jam sebelumnya, media pemerintah Korut mengkonfirmasi infeksi COVID-19 pertama di negara itu ketika Kim Jongf-un memerintahkan penguncian nasional untuk memperlambat penyebaran virus. Diktator muda Korut itu juga memerintahkan para pejabat untuk memperkuat postur pertahanan negara untuk menghindari kekosongan keamanan.



Senjata Korut yang diuji baru-baru ini termasuk berbagai rudal berkemampuan nuklir yang berpotensi mencapai Korsel, Jepang, atau mampu menjangkau seluruh daratan AS.

Dewan Keamanan PBB biasanya memberlakukan sanksi hukuman terhadap Korut setelah melakukan uji coba nuklir dan rudal jarak jauh. Tapi itu tidak terjadi pada bulan Maret lalu karena anggota pemegang hak veto terpecah atas perang Rusia di Ukraina.

Sabtu lalu, Korsel mendeteksi peluncuran rudal balistik Korut yang kemungkinan diluncurkan dari kapal selam, tes pertama sejak Oktober lalu. Ada juga tanda-tanda bahwa Korut sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir pertamanya dalam hampir lima tahun di tempat uji coba terpencil di timur lautnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)