Putin Didesak Caplok Kherson Ukraina Menjadi Milik Rusia

Kamis, 12 Mei 2022 - 06:36 WIB
loading...
A A A
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato Selasa malam bahwa dia mendapat kabar baik dari Kharkiv dan memuji "kekuatan manusia super" para pembela Ukraina.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pada hari Rabu, "Penjajah terus memfokuskan upaya mereka untuk mencegah kemajuan lebih lanjut dari pasukan kami dari Kharkiv menuju perbatasan Rusia."

Tetapi Ukraina terlibat dalam upaya yang tampaknya semakin putus asa untuk mempertahankan wilayah Donbass, wilayah Ukraina timur yang penduduknya berbahasa Rusia.

"Mereka datang dalam gelombang," kata milisi relawan Mykola tentang upaya berulang-ulang Rusia untuk mendorong ke selatan melewati sungai strategis dekat pemukiman pedesaan yang disebut Bilogorivka.

Di dekatnya, kata seorang koresponden AFP, petugas medis Ukraina bergegas membawa seorang tentara yang berdarah dari front timur. Seorang dokter meyakinkan petempur yang merintih tersebut bahwa torniket yang ditekan di atas lututnya tidak berarti dia akan kehilangan sebagian dari kakinya.

Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines pada hari Selasa mengatakan Putin sedang mempersiapkan konflik yang berkepanjangan."Masih bermaksud untuk mencapai tujuan di luar Donbass," ujarnya.

Sekjen PBB Antonio Guterres, yang baru-baru ini bertemu dengan Putin, mengatakan pada hari Rabu bahwa penting untuk mempertahankan kontak dengan Rusia bahkan jika saat ini "tidak ada peluang" untuk gencatan senjata.

Perang di Ukraina telah memicu krisis energi yang berkembang di Eropa, di mana Kiev mendesak embargo impor minyak dan gas dari Rusia.

Ukraina pada Rabu mengatakan Rusia telah menghentikan pasokan gas melalui pusat transit utama di timur negara itu, sehari setelah perusahaan energi negara Ukraina; Naftogaz, mengatakan tidak lagi bertanggung jawab atas gas yang masuk melalui wilayah yang diduduki Rusia.

Jerman mengatakan aliran masuk gas Rusia sebagai akibatnya turun seperempat dibandingkan dengan sehari sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)