Negara Anggota NATO Ini Sebut Rusia Pendukung Terorisme

Rabu, 11 Mei 2022 - 09:29 WIB
loading...
Negara Anggota NATO Ini Sebut Rusia Pendukung Terorisme
Anggota parlemen Lithuania menggelar sidang. Foto/twitter
A A A
VILNIUS - Parlemen Lithuania, Seimas, dengan suara bulat mengeluarkan resolusi pada Selasa (10/5/2022) yang menuduh Rusia melakukan genosida dan terorisme di Ukraina.

“Agresi bersenjata skala besar yang diluncurkan oleh Rusia terhadap Ukraina pada 24 Februari sama dengan genosida rakyat Ukraina,” ungkap dokumen itu, dilansir RT.com.

“Federasi Rusia, yang pasukan militernya dengan sengaja dan sistematis mengebom sasaran sipil, adalah negara yang mendukung dan mempraktikkan terorisme,” papar dokumen itu.



Seimas meminta masyarakat internasional membentuk pengadilan khusus untuk menyelidiki perilaku pasukan Rusia di Ukraina.



Pemungutan suara untuk resolusi itu terjadi tak lama setelah Wakil Ketua Parlemen Ukraina Elena Kondratyuk berbicara kepada anggota parlemen Lithuania.



Ukraina, negara-negara Barat, dan kelompok hak asasi manusia menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di Bucha dan kota-kota lain di Ukraina.

Moskow telah berulang kali membantah pasukannya membunuh warga sipil dan berpendapat Ukraina dan Barat melancarkan kampanye disinformasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)