Serangan Rudal dan Artileri Rusia Hantam 240 Target Militer Ukraina

Sabtu, 07 Mei 2022 - 18:30 WIB
loading...
Serangan Rudal dan Artileri Rusia Hantam 240 Target Militer Ukraina
Serangan Rudal dan Artileri Rusia Hantam 240 Target Militer Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Pertahanan udara Rusia menjatuhkan 17 kendaraan udara tak berawak Ukraina , tiga rudal Tochka-U dan sembilan rudal Smerch tadi malam. Hal itu ditegaskan Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov, Sabtu (7/5/2022).

Menurutnya, drone jatuh di wilayah Nikolaev, serta di dekat Signalnoye, Luganskoye, Krasnkogorovka, Yasinovatoye dan Zugres di Republik Rakyat Donetsk, pemukiman Olgino di wilayah Kherson, pemukiman Cherneshchina di wilayah Kharkov.

Baca: Putin Kirim Peringatan Hari Kiamat ke Barat saat Parade Kemenangan Perang Dunia II

“Tiga rudal Tochka-U dan sembilan rudal Smerch telah dicegat di atas kota Izyum di wilayah Kharkov,” kata Konashenkov menambahkan, seperti dikutip dari kantor berita TASS.

Pasukan rudal dan artileri Rusia mencapai 240 sasaran militer Ukraina tadi malam. "Pasukan rudal dan artileri menargetkan 44 pos komando dan 196 titik kuat tentara Ukraina dan daerah di mana pasukan Ukraina dan peralatan militer dikerahkan," lanjutnya.

Menurut kementerian itu, Angkatan Bersenjata Rusia menghancurkan 152 pesawat Ukraina, 112 helikopter, 762 kendaraan udara tak berawak, 295 sistem pertahanan udara, 2.895 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 333 peluncur roket ganda, 1.364 artileri lapangan dan mortir, serta 2.716 kendaraan bermotor militer sejak dimulainya operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Baca: 500 Warga Sipil Telah Dievakuasi dari Mariupol

Sementara itu, setidaknya 50 orang telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di kota Mariupol pada hari Sabtu, Pusat Pertahanan Teritorial Republik Rakyat Donetsk (DPR) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Lima puluh orang dievakuasi dari kompleks baja Azovstal di Mariupol hari ini pada 7 Mei," bunyi pernyataan itu. Dengan demikian, jumlah warga sipil yang dievakuasi dari fasilitas tersebut telah mencapai 176.



Pertempuran Mariupol meletus pada 25 Februari. Saat ini, formasi nasionalis Ukraina telah diusir dari daerah pemukiman Mariupol dan diblokir di pabrik Azovstal.

Pusat koordinasi antarlembaga Rusia untuk tanggapan kemanusiaan mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Rusia akan membuka koridor kemanusiaan antara pukul 8: 00 dan 18:00 pada 5-7 Mei untuk mengevakuasi warga sipil dari fasilitas Pasukan Rusia dan pasukan DPR telah membuka koridor kemanusiaan secara teratur sejak akhir Maret.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1556 seconds (10.101#12.26)