3 Negara di Dunia yang Tidak Memihak Antara Rusia dan Ukraina

Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:30 WIB
loading...
A A A
Hal ini memunculkan banyak spekulasi mengenai alasan keputusan negara-negara tersebut. Salah satunya adalah ketakutan pertimbangan kemungkinan konflik yang meluas dan bisa berdampak bagi negaranya masing-masing.

Dikutip Irish Times, sejak Rusia melancarkan invasinya pada 24 Februari, Presiden Cyril Ramaphosa telah mempertahankan posisi netral pada konflik tersebut. Walaupun banyak pihak yang mengutuk keputusan tersebut.

3. Indonesia
Indonesia sendiri diketahui memiliki hubungan yang baik dengan Rusia maupun Ukraina. Dalam hal ini, kepala Staf Kepresidenan Moeldoko beberapa waktu yang lalu kembali menegaskan Indonesia dalam posisi netral.

Hal ini dikarenakan selain memiliki asas politik bebas aktif, Indonesia berstatus sebagai presidensi G20 dan memiliki tanggung jawab untuk tidak memihak negara manapun.

Selain itu, Presiden Jokowi juga sempat melakukan pembicaraan dengan Presiden Ukraina dan Rusia melalui saluran telepon. Dalam pembicaraan bersama Zelensky, Ukraina juga sempat meminta bantuan persenjataan dari Indonesia. Namun, tentu saja Presiden Jokowi menolaknya dengan alasan amanat konstitusi.

Selain itu, walaupun sempat mendapat penolakan dari negara lain, Indonesia sendiri tetap akan mengundang Rusia untuk hadir ke G20.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)