Kremlin Jelaskan Situasi Sesungguhnya di Pabrik Azovstal

Kamis, 05 Mei 2022 - 09:01 WIB
loading...
Kremlin Jelaskan Situasi Sesungguhnya di Pabrik Azovstal
Asap membumbung di atas pabrik Azovstal Iron and Steel Works di kota Mariupol, 2 Mei 2022. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
MOSKOW - Pasukan Rusia tidak menyerbu pabrik baja Azovstal di Mariupol, tempat prajurit militer Ukraina dan anggota batalion neo-Nazi Azov bersembunyi selama lebih dari sebulan.

Pernyataan itu diungkapkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Menurut pejabat itu, militer Rusia mematuhi perintah sebelumnya dari Presiden Vladimir Putin untuk tidak menyerbu pabrik tersebut.



“Tidak ada penyerangan. Kami melihat bahwa gejolak terjadi ketika militan keluar untuk mengambil alih penempatan senjata. Upaya-upaya ini sedang ditekan dengan cukup cepat,” ungkap dia, dilansir RT.com.



Pada Selasa, beberapa media Rusia dan Ukraina melaporkan pertempuran telah pecah di dan sekitar kompleks pabrik baja raksasa setelah beberapa hari relatif tenang berkat gencatan senjata yang diumumkan Moskow untuk memastikan evakuasi warga sipil dari daerah tersebut.



Menurut laporan ini, pabrik Azovstal diserang dengan artileri dan pemboman udara. Rekaman yang belum diverifikasi yang beredar di media sosial tampaknya menguatkan hal ini, menggambarkan gumpalan asap mengepul dari fasilitas tersebut.

Republik Rakyat Donetsk mengklaim militer Ukraina dan pejuang Azov yang bersembunyi di fasilitas industri memanfaatkan jeda pertempuran yang disediakan oleh gencatan senjata evakuasi untuk mengambil posisi baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)