Militer Ukraina Mengakui Hantu Kiev adalah Tipuan Kosong

Rabu, 04 Mei 2022 - 16:02 WIB
loading...
Militer Ukraina Mengakui Hantu Kiev adalah Tipuan Kosong
Jet tempur Ukraina mengeluarkan suar anti-rudal. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Pahlawan tempur “Hantu Kiev” yang diduga telah menembak jatuh sejumlah pesawat Rusia di atas Ukraina tidak lebih dari legenda.

Angkatan Udara Ukraina telah mengakui hal itu dalam pernyataan pada Selasa (3/5/2022), menuangkan air dingin pada cerita bahkan setelah media bersikeras mereka telah mengidentifikasi pilot fiksi itu.

Klarifikasi datang hanya satu hari setelah Times of London mengklaim telah mengidentifikasi “Hantu Kiev” sebagai Mayor Stepan Tarabalka, mengutip "sumber Ukraina" yang tidak disebutkan namanya.



Sementara outlet tersebut melaporkan dia tewas dalam pertempuran bulan lalu, militer mengakui kematian sang mayor dalam pernyataan publik pada 23 Maret.



Militer Ukraina tidak mengatakan apa pun tentang prestasi luar biasa yang dikaitkan dengan “Hantu Kiev.”



Pemerintah Ukraina sendiri membantu memberikan kredibilitas kepada pilot pesawat tempur mitos, berbagi tweet pada Februari yang membual “Hantu itu mendominasi langit di atas ibu kota dan negara kita, dan telah menjadi mimpi buruk untuk menyerang pesawat Rusia."

Satu video yang menyertai postingan tersebut menyatakan pilot telah menembak jatuh 10 pesawat, enam pesawat di antaranya dalam 30 jam pertama operasi militer Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)